Cilacap – Zonadinamika.com.Babinsa sebagai unsur pelaksana pembinaan teritorial (Binter) memiliki tugas, diantaranya memberikan penyadaran pada masyarakat tentang wawasan kebangsaan (Wasbang) memberdayakan potensi pertahanan yang ada di desa binaannya.

Dalam hal ini Babinsa Koramil 03/Kroya, Kodim 0703/Cilacap, Serma Suparno, bersama Bhabinkamtibmas, Aiptu Aji S, melaksanakan pembinaan terhadap anggota Satuan Linmas desa setempat. Kegiatan itu berlangsung di halaman Balai Desa Pekuncen, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Rabu (5/12).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Desa Pekuncen Sadam, dalam sambutannya Kades mengatakan, kegiatan pembinaan dan latihan ini sangat diperlukan untuk peningkatan kapasitas Linmas.

Linmas merupakan organ keamanan desa yang sangat diandalkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. “Untuk itu kami sengaja menggandeng Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk memberikan pembekalan dan penyegaran bagi anggota Linmas desa kami,” kata Sadam.

Tak lupa, Kades juga mengucapkan terima kasih kepada Koramil dan Polsek Kroya yang telah menugaskan anggotanya untuk hadir dan memberikan pembekalan bagi Satuan Linmas. “Bagi anggota Linmas, agar tetap semangat dengan mencermati dan memahami semua materi yang disampaikan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, ” demikian pesan Kades dalam sambutannya.

Selanjutnya, pemberian materi wawasan kebangsaan oleh Serma Suparno yang mengupas tentang nilai-nilai bela negara, diantaranya cinta tanah air, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, sadar akan berbangsa dan bernegara, kerelaan untuk berkorban.

Serma Suparno juga mengajak kepada anggota Linmas untuk bisa bekerja secara maksimal dalam mewujudkan keamanan lingkungan dari kenakalan remaja dan bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Berikutnya, Bhabinkamtibmas Aiptu Aji S, menyampaikan materi tentang Kamtibmas menghadapi tahun Politik.

“Linmas sebagai ujung tombak keamanan di desa harus membantu menciptakan keamanan di desa. Selain itu Linmas juga sangat berperan dalam keamanan Pileg dan Pilpres tahun 2019 nanti, Linmas harus disiplin, tegas dan santun dalam bertugas,” Ucap Aiptu Aji S.

Dipenghujung kegiatan pemberian materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.
(Sutaryo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here