Blitar – Zonadinamika.com.Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto,  SE,  menghadiri acara penyerahan Skep dana kehormatan dan tunjangan janda Veteran RI yang diikuti sekitar 40 orang bertempat di kantor Minvedcad V/06 Blitar Jln Beringin no 6 Kota Blitar jl. Beringin No. 06 Kota Blitar,  Rabu (31/10/2018).

Tunjangan Janda Veteran RI merupakan salah satu wujud penghargaan dari negara kepada para Veteran yang telah berjuang demi bangsa dan Negara Indonesia. Pepatah mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya, oleh sebab itu negara merasa perlu memberikan penghargaan tersendiri kepada para pejuang kemerdekaan, para pembela kemerdekaan maupun para perjuang perdamaian.

Kaminvetcad V/06 Blitar (Mayor Inf Sujito S.Sos) dalam sambutannya mengatakan bahwa perlu kami beritahukan kepada Bpk. Bupati dan Dandim 0808/Blitar bahwa di wilayah Blitar Kota dan Kabupaten masih banyak Janda Veteran RI itu terbukti dengan kemarin kami mendatangi rumah per rumah para veteran RI di Kota Blitar maupun Kab. Blitar.

Veteran RI bila meninggal dunia beliau juga berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, hak-haknya juga akan diberikan serta mendapatkan keringanan biaya kesehatan, transportasi milik negara dan ini adalah sebagai penghormatan dari Negara kepada para Veteran RI, ucap Kaminvetcad V/06.

Bupati Blitar (Drs. H.  Rijanto, MM), kami sangat mengapresiasi atas dilaksanakan kegiatan seperti ini dan beberapa kali saya berkeinginan hadir dalam kegiatan di Minved ini, karena kita bisa menjadi seperti ini berkat serta atas adanya Veteran, penghargaan dari negara belum seberapa di banding pengorbanan para pejuang kemerdekaan.

Terdapat beberapa kreteria veteran yaitu ada veteran pejuang, mempertahankan kemerdekaan juga ada yang mengabdi untuk negara ini, kita di jajah cukup lama dan para pejuang ini bertempur untuk merebut kemerdekan, tidak dengan langsung kita seperti ini, hal ini memang sulit untuk membentuk NKRI dan sejarah yang telah lalu jangan sampai kita lupakan, ujarnya.

Lanjut Bupati Blitar juga menambahkan bahwa peristiwa yang juga mengerikan yaitu peristiwa G.30/S PKI dan untuk mempertahankan kemerdekaan ini kita harus bangun karakter anak, pemuda jangan sampai anak cucu kita terkena narkoba itu sangat bahaya, bisa menghancurkan bangsa ini juga medsos harus kita waspadai munculkan berita Hoax kita harus pandai menyaring berita tersebut, kata Bupati Blitar.

Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, SE saat ditemui juga mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan ini adalah untuk menghargai jasa maupun pengorbanannya para veteran RI yang telah membela Negara Kesatuan RI.

Maka sangat pantaslah juka para Veteran RI ini mendapat tunjangan keringanan biaya kesehatan dan transportasi milik negara, karena pengorbanan mereka memang patut untuk dihargai, ucapnya.

Lanjut Dandim 0808/Blitar juga menambahkan perjuangan para Veteran RI tidak terhenti setelah berjuang dan membela kemerdekaan Indonesia. Namun, jiwa, semangat, dan patriotisme, serta nilai-nilai perjuangan para veteran RI tetap terpatri dalam sanubari para veteran RI.

“Hal itulah yang harus diwariskan dan dilestarikan kepada generasi penerus bangsa Indonesia, sehingga akan terjalin nuansa perjuangan antara para Veteran RI dengan generasi muda selaku penerus bangsa, ucap Dandim 0808/Blitar, (gun/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here