Karawang -Zonadimamika.com: Adanya informasi dari warga Dusun Kepuh, Desa Pusakajaya, Kecamatan Cilebar, dengan penemuan limbah B3 medis di Kawasan Hutan Mangrove, Pesisir Utara Karawang, Minggu (9/9/2018) pagi, Polsek Pedes datangi TKP.

Kapolsek Pedes AKP Much Suyitna membenarkan hal tersebut bahwa telah ditemukan adanya Limbah B3 medis seberat ratusan kilogram yang terkemas dalam plastik kuning dan hitam tersebut, sudah tergeletak begitu saja di dekat aliran air.

Saat dicek, tumpukan limbah yang mencapai sekitar 50 kantung plastik dengan berat masing-masing 7 hingga 10 kilogram, berisi sisa-sisa peralatan rumah sakit, seperti tabung dan selang infus, alat injeksi bekas, dan peralatan lainnya.

“Kami menemukan tumpukan plastik warna kuning. Saat dicek, ada bercak darah dari jarum suntik bekas, kapas bekas, kantung darah dan sarung tangan plastik,” katanya.

Tak jauh berbeda, dalam plastik hitam juga ditemukan limbah medis obat dan gulungan perban. Terdapat juga sebuah nota dan faktur atas nama Rumah Sakit Budi Asih yang beralamat di Cibarusah, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Seorang warga bernama Nur mengaku menemukan tumpukan limbah tersebut pertama kali. Ia pun langsung melaporkan penemuan limbah tersebut ke Polsek Pedes.

Selanjutnya Polsek Pedes langsung mendatangi TKP dan menghubungi Unit Tipidter Polres Karawang maupun Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Diduga pembuangan limbah rumah sakit tersebut di buang pada malam hari ketika air laut pasang, dan pada saat air laut surut ternyata limbah rumah sakit tidak terbawa oleh ombak melainkan masih tetap berada dipesisir laut.(Hms polres/wsm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here