Berikan Motivasi, Kasal Briefing Prajurit Puspenerbal

0
238
Surabaya – zonadinamika.com. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., didampingi oleh Ketua Umum Jalasenastri Endah Ade Supandi melaksanakan Exit Briefing kepada seluruh Prajurit Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal), Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial) dan Rumkital dr. Ramelan Surabaya di Balai Prajurit RM Moedjono Poerbonegoro Puspenerbal Juanda, Sidoarjo Jawa Timur Kamis, (17/05/2018).
Pangarahan dalam rangka menjelang serah terima jabatan Kasal dalam waktu dekat ini, Wakil Komandan Puspenerbal Kolonel Laut (P) Sisyani Jafar melaporkan sebanyak kurang Iebih 850 Prajurit, PNS dan Jalasenastri dari Satuan Puspenerbal, Dispsial dan Rumkital dr. Rameian hadir dalam kegiatan Exit Briefing tersebut. Exit Briefing menjelang serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) tersebut, diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Sambutan dari Pati berbintang empat yang merupakan Kasal ke 25 di TNI AL ini, ada beberapa point penting yang disampaikan oleh Kasal diantaranya adalah Arahan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiap siagaan akan ancaman Terorisme dan Radikalisme.
“Jangan sampai terpengaruh dengan paham radikal dan terorisme, kita juga harus waspada,” ucap Kasal.
Kasal berpesan agar seluruh Prajurit TNI AL dan PNS beserta keluarganya juga bijak dalam menerima maupun menyebarkan informasi terkait kejadian Terorisme yang belakangan ini terjadi. “Bandara harus zero Accenture dari segala bentuk gangguan, terutama soal terorisme. Maka intelijen jangan sampai kecolongan,” lanjutnya.
Dalam sambutannya, Kasal mengingatkan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk mengurangi dan menghindari pelanggaran – pelanggaran hukum di lingkungan Prajurit dan keluarga, saat ini angka kasus asusila, perselingkuhan maupun penyalahgunaan Narkoba cukup meningkat di TNI AL, untuk itu Kasal berpesan kepada para Komandan Satuan agar selalu memberikan pembinaan dan pengawasan yang ketat terhadap anggotanya, berikan sanksi tegas kepada siapapun yang berbuat pelanggaran agar tidak merusak citra organisasi TNI AL.
“Dua kejahatan itu tidak akan pernah bisa diampuni,”  tegasnya.
Selanjutnya, Kasal mengatakan juga berpesan agar Prajurit TNI AL maupun PNS TNI AL harus senantiasa memegang teguh Trisila TNI AL (Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer) serta menumbuhkan kebanggaan diri sebagai anggota TNI Angkatan Laut.
Selain dihadiri Oleh Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja S, S.H. Exit Briefing Kasal di Puspenerbal ini juga dihadiri oleh Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, Kepala Dinas Psikologi Angkatan Laut (Kadispsial) Laksamana Panama TNI Drs. Tri Budi Marwanto, M.M., Psikolog dan Karumkital dr. Ramelan Laksamana Panama TNI IDG. Nalendra Djaya lswara, Sp.B, Sp,BTKV (K) serta Para Perwira Staf dan Satlak jajaran Penerbangan Angkatan Laut.
Selesai pelaksanaan Exit Briefing, acara dilanjutkan dengan Admiral Inspections, yang mana dalam kegiatan tersebut Kasal beserta lbu Endah Ade Supandi dengan didampingi oleh Komandan Puspenerbal beserta lbu melaksanakan Inspeksi dan pengecekan kepada seluruh Alutsista TNI AL berupa Pesawat Udara TNI AL yang dimiliki oleh Puspenerbal berikut seluruh sarana dan prasarana pendukung Penerbangan TNI AL.
“Kemampuan tempur pesawat yang dimiliki Angkatan Laut memang tak dengan yang dimiliki Angkatan Udara.  Namun untuk manuver, kita bisa menyamai Angkatan Udara,” pungkasnya.
Admiral Inspections ini dilaksanakan dengan mengambil Start di Baseops Lanudal Juanda dan selesai di lapangan Hanggar Pesawat Lanudal Juanda. Selesai kegiatan tersebut Kasal Laksamana TNI Ade Supandi berkenan berbuka puasa bersama dengan segenap Prajurit Penerbangan Angkatan Laut.
Ini Adalah kebanggaan tersendiri bagi Prajurit Penerbangan, karena di bulan puasa tahun ini mereka melaksanakan Buka Puasa di hari pertama dengan orang nomor satu di TNI Angkatan Laut. Untuk menutup kegiatan dan sebagai rasa bangga dari segenap keluarga besar Prajurit Penerbangan Angkatan Laut atas dedikasi dan pengabdian Kasal kepada TNI AL/TNl, Bangsa dan Negara, maka Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Dwika Thaja S, S.H. memimpin langsung prajuritnya untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Kasal dengan menggelar acara tradisi Farewell. Selamat jalan Laksamana, selamat jalan Panutan kami. Pimpinan kami dan Kebanggaan kita semua. (dms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here