Kapolres Blora Jamin Jajarannya Netral Dalam Pilkada Jateng 2018

0
128

Blora-Zonadinamika.com. Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H memastikan instutusi yang dipimpinnya bersikap netral pada pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur dalam Pilkada serentak Jateng 2018.

Dalam arahannya kepada sejumlah kanit Polsek jajaran Polres Blora yang bertempat di aula arryaguna Mapolres bahwa, pihaknya siap menindak tegas jika diketahui anggotanya ada keberpihakan kepada salah satu calon.

“Saya pastikan, Polres Blora netral dalam Pilkada ini. Karena aturan terhadap Polri tentang Pilkada jelas dan ada sanksinya, ujar AKBP Saptono, Rabu (21/02) pagi.

Menurutnya, bagi siapa yang mengetahui anggotanya mendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati, silahkan lapor. Sehingga apabila terbukti, sejumlah sanksi tegas akan mengancam salah satunya penundaan kenaikan pangkat hingga hukuman disiplin lainnya.

“Jika ada anggota saya yang tidak netral atau menyimpang, bisa langsung ditegur atau laporkan kepada saya, dengan menyertakan bukti saat melaporkan agar tidak menjadi fitnah.” terang Kapolres.

Selama pelaksaan Pilkada Jateng ini seluruh anggota Kepolisian akan melakukan pengamanan secara proposional dan profesional. Tentunya langkah itu untuk menjaga posisi netralitas Polisi. “Kami menjamin memberikan pelayanan secara proposional dan netral,” jelasnya.

Kapolres dalam paparannya merinci sejumlah aturan yang diinstruksikan Kapolri tersebut yakni : Pertama, Anggota Polri dilarang mendeklarasikan diri sebagai bakal calon kepala/ wakil kepala daerah/ caleg.

Kedua, Dilarang menerima/ meminta/ mendistribusikan janji, hadiah, sumbangan atau bantuan dalam bentuk apapun dari pihak parpol, paslon dan tim sukses pada kegiatan Pemilu/ Pemilukada.

Ketiga, Dilarang menggunakan/ memesan/ menyuruh orang lain untuk memasang atribut yang bertuliskan/ bergambar parpol, caleg dan paslon.

Keempat, Dilarang menghadiri, menjadi pembicara/ narasumber pada kegiatan deklarasi, rapat, kampanye, pertemuan partai politik kecuali dalam melaksanakan pengamanan yang berdasarkan surat perintah tugas.

Kelima, Dilarang mempromosikan, menanggapi dan menyebarluaskan gambar/ foto bakal pasangan calon kepala/ wakil kepala daerah baik melalui media massa, media online dan media sosial.

Keenam, Dilarang melakukan foto bersama dengan bakal pasangan calon kepala/ wakil kepala daerah/ caleg.

Ketujuh, Dilarang memberikan dukungan politik dan keberpihakkan dalam bentuk apapun kepada calon kepala/ wakil kepala daerah/ caleg/ tim sukses.

Kedelapan, Dilarang menjadi pengurus/ anggota tim sukses paslon/ caleg dalam Pemilu/ Pemilukada.

Kesembilan, Dilarang menggunakan kewenangan atau membuat keputusan dan/ atau tindakan yang dapat menguntungkan/ merugikan kepentingan politik parpol maupun paslon/ caleg dalam kegiatan Pemilu/ Pemilukada.

Kesepuluh, Dilarang memberikan fasilitas-fasilitas dinas maupun pribadi guna kepentingan parpol, caleg, paslon Pilkada, tim sukses dan paslon presiden/ wapres pada masa kampanye.

Sebelas, Dilarang melakukan kampanye hitam terhadap paslon serta dilarang menganjurkan masyarakat untuk menjadi golput.

Kedua belas, Dilarang memberikan informasi kepada siapapun terkait dengan hasil penghitungan suara pada kegiatan pemungutan suara Pemilu/ Pemilukada.

Tiga belas , Dilarang menjadi panitia umum Pemilu, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (PANWASLU) serta turut campur tangan didalam menentukan dan menetapkan peserta Pemilu.

Menurut Kapolres, untuk menciptakan situasi aman dan kondusif selama masa pilkada ini tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab tugas polisi melainkan juga pada kesiapan semua pihak dalam upaya mewujudkan dan menjamin rasa aman pada masyarakat.

“Kami berharap proses sistem demokrasi harus disikapi dengan penuh kedewasaan dan keseriusan dalam menyukseskan pilkada. Oleh karena itu kami meminta pengertian dan kesadaran berbagai pihak, seperti tim sukses, massa pendukung calon, dan parpol pengusung pasangan calon gubernur untuk mengembangkan kampanye damai dan simpatik,” imbaunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here