SURABAYA – Zonadinamika.com. Program penguatan pendidikan karakter (PPK) baru lahir di tahun ini yang sudah dicanangkan oleh Kemendikbud RI. Hal itu tentu banyak inovasi sekolah untuk mendidik karakter siswanya dengan baik.

Pihak sekolah SMP Unesa 1, Jl Kawung N. 9, Kemayoran, Krembangan kota Surabaya canangkan kegiatan penguatan iman dan taqwa yang dikemas namanya dengan “Pembiasaan Hari Jumat”.

Kepala Sekolah SMP Unesa 1 Surabaya, Ida Ambarini menjelaskan bahwa, ada 4 kegiatan jumat yang berbeda. Kali ini merupakan minggu ke-4 dengan tema jumat curhat. “Sebelumnya, di minggu pertama itu jumat taqwa, minggu kedua jumat bersih, minggu ketiga jumat sehat, ucapnya. Jumat, (28/09).

Ia menambahkan, bahwa kegiatan inovasi jumat ini merupakan sebagai bentuk pengabdian tenaga kependidikan terhadap siswa sekolah agar kita menyentuh dan dapat mengontrol akhlak, iman dan taqwa siswa.

“Karena mengingat, di lingkungan kecamatan Krembangan ini, masih dinilai lingkungan yang brutal. Dan rawan bagi siswa siswi yang tinggal disini dapat tergerus dari perbuatan yang kurang terpuji,” tegasnya.

Kegiatan jumat curhat ini diawali dengan sholat dhuha bersama di halaman sekolah, lalu kembali ke kelas untuk sarapan bersama. Setelah itu ada pembagian pin disiplin untuk siswa.

Ida Ambarini menjelaskan bahwa, pin disiplin itu ada 3 macam, pin yang pertama berwarna biru menandakan 3 bulan tidak pernah melanggar tata tertib sekolah, pin kedua warna hijau untuk 6 bulan tidak pernah melanggar dan pin ketiga warna merah untuk 9 bulan siswa tidak pernah melanggar aturan sekolah.

“Semoga dengan apresiasi seperti ini, siswa dapat lebih rajin lagi untuk tingkatkan prestasinya, tidak malas belajar, dan disiplin selama di sekolah,” tuturnya. (arianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here