Ortu Siswa Demo Disdik Jabar Hasil PPDB Online

0
142

Bandung – Zonadinamika.com. Ratusan orang tua siswa darangin Disdik Jabar, alasan kedatangan para orang tua  calon  siswa tersebut,menyusul karena parahnya sistim penerimaan murit baru dan bayak calon siswa gagal masuk pada sekolah tujuan.

Takut anak mereka tidak bisa masuk dan tidak tertampung pada sekokah swasta, dalam hal ini disdik berjanji akan memfasilitasi para orang tua calon siswa yang berdemo di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, agar anaknya bisa melanjutkan sekolah.

“Pada dasarnya mereka ingin anaknya sekolah. Mereka berasal dari jalur miskin,” ujar Tim Pengaduan PPDB Jabar Juli Wahyu Paridunda usai bertemu perwakilan massa, Senin (9/7/2018).

Menurut Juli, massa meminta keringanan agar biaya masuk ke SMP swasta disubsidi karena cukup mahal. Sebab untuk masuk ke sekolah negeri sudah tidak memungkinkan lantaran proses PPDB 2018 telah selesai.

“Maka kita akan coba ringankan, kita suport. Karena kan yayasan (swasta) punya kebijakan. Yayasan hidup dari bayaran. Maka kita beri solusi terbaik carikan bantuan bagi mereka yang mau masuk,” ucapnya.

Dia berjanji mendata para orang tua calon siswa yang melakukan aksi demo kali ini untuk dibantu. “Kita data anak yang akan diterima, kita salurkan. Tapi untuk ke negeri, sudah tidak mungkin,” ujar Juli.

Juli mengatakan untuk mengantisipasi hal seperti ini terjadi tahun depan, maka pihaknya akan mengajukan anggaran subsidi ke pemerintah agar yang tidak diterima di sekolah negeri bisa terbantu di sekolah swasta.

Seratusan orang tua dan anaknya melakukan aksi demo di Gedung Sate. Mereka kecewa karena Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 tidak sesuai harapan sehingga nasib anaknya terkatung-katung.

Massa akhirnya dijanjikan untuk bertemu Pj Gubernur dan Kadisdik Jabar. Namun massa kecewa dan sempat terjadi ricuh karena hanya ditemui oleh tiga orang perwakilan yang salah satunya Tim Pengaduan PPDB Jabar Juli Wahyu Paridunda.

Saat ricuh massa sempat akan membubarkan diri. Namun hal itu berhasil dicegah dan akhirnya terjadi diskusi antara massa dan perwakilan tersebut. (Nn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here