Kab Agam-Zonadinamika.com.Upaya pemekaran Nagari di Lubuk Basung  berlangsung alot,Khususnya untuk Siguhung sebagian masyarakatnya tidak terima dengan nama Nagari Siguhung Lubuk Basung.Karena pada awalnya disepakati dalam rapat nama nagari tersebut Nagari Kandih Siguhung.Salah seorang pemuka masyarakat Edison meng-update pada media sosialnya mengatakan

KEPADA TIM PEMEKARAN LUBUKBASUANG JORONG 1 SIGUHUNG?

APA HARTINYA SEMUA INI.. DALAM RAPAT PEMEKARAN SUDAH DISEPAKATI NAMANYA  KANDIH SIGUHUNG..? SEKARANG KENYATAANNYA BEROBAH MENJADI KANDIH LUBUKBASUNG…?.

KAMI MOHON KEPADA TIM PEMEKARAN LUBUKBASUNG SESUAIKAN LAH TENTANG NAMA YG TELAH DISEPAKATI BERSAMA DALAM RAPAT..?

DALAM RAPAT ““KANTOR WALINAGARI KANDIH SIGUHUANG”BUKAN KANDIH LUBUKBASUANG…? JANGANLAH MEMBUAT KEKACAUAN DALAM NAGARI JORONG 1 SIGUHUANG PAK..

JANGANLAH BERTINDAK BERTANGAN BESI N TIRANI PAK PEMEKARAN..? MOHON KEADILAN DITEGAKKAN UNTUK MASYARAKAT JORONG 1 SIGUHUANG? JANGAN BERTINDAK SEMAU BAPAK2 SAJA…?.

TOLONG DENGARKAN SUARA MASYARAKAT..? KALAU BEGINI CARANYA SUARA MASYARAKAT MEMANG TIDAK ADA HARGANYA BAGI BAPAK2 SEKALIAN..? BISA2 TANPA PEMILIHAN WALINAGARINYA BAPAK2 PILIH SENDIRI”

DAN LANTIK SENDIRI…? KARENA IMPORMASI YG BEREDAR NAMA WALINAGARI BESERTA NAMA PERANGKAT LAINNYA SUDAH ADA DITANGAN BAPAK2…?

TEGAKKAN DEMOKRASI DONG…? KATANYA NEGARA INI MENGANUT SISTIM DEMOKRASI..? MOHON DITINJAU KEMBALI PAK PEMEKARAN… MENTANG2 CERDAS n PINTAR JANGAN DIBODOH2I LAH MASYARAKATNYA PAK…?

Hal ini menandakan bahwa tidak menerima adanya pergantian nama selain nama yang telah di sepakati bersama,secara otomatis masyarakat menolak pergantian nama tersebut, ujar Bj Rahmad di Lubuk Basung.

Lanjutnya jika hal nama tersebut tidak sesuai dengan hasil rapat maka pemekaran nagari tidak usah di laksanakan. Ucapnya lagi dengan tegas. Sebagai putra daerah saya juga tidak terima jika masyarakat di bodohi dengan delik apapun, keinginan masyarakat kami silakan di lakukan pemekaran, tapi tolong di hargai hasil rapat dan musyawarah yang telah di lakukan.

Saya juga baru mendengar bahwa setelah di lakukan pemekaran untuk menjadi wali Nagari pun sudah di tentukan oleh orang-orang cerdik di seputaran Lubuk Basung.  Ada apa sebenarnya pemekaran tersebut, apakah kami akan di bungkus hidup-hidup, ulasnya lagi.

Di tambahkannya, pada pemerintah Nagari di Lubuk Basung Kecamatan  dan Kabupaten Agam agar benar-benar mendengar apa yang di sampaikan masyarakat, jangan memaksakan kehendak demi kepentingan terselubung. Pungkasnya. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here