Pemalang-Zonadinamika.com. Penyelenggaraan pemungutan suara pemilihan kepala desa secara elektronik (E-Voting Pilkades.red) nampaknya bukan impian semata. Terbukti, di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, penyelenggaraan pemungutan suara pemilihan kepala desa berlangsung sukses dan menjadi kabupaten pertama di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menyelenggarakannya. Tak ayal menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. beserta rombongannya, datang langsung ke kabupaten pemalang, guna meninjau pelaksanaan e-voting pilkades di Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang, pagi ini, (23/9). Ketika dikonfirmasi tentang kegiatan e-voting tersebut, M. Nasir mengungkapkan, Kabupaten Pemalang menjadi pelopor terlaksanakannya e-voting pilkades dengan sukses, serta warga pun lebih bersemangat menggunakan hak pilihnya.

“Kami sengaja datang ke Kabupaten Pemalang guna meninjau pelaksanaan e-voting pilkades. Karena Kabupaten Pemalang lah yang menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang sukses melaksanakannya.”, ungkapnya.

Lebih lanjut, M. Nasir mengatakan, keberhasilan Kabupaten Pemalang menyelenggarakan e-voting pilkades nampaknya juga akan menjadi acuan pada pemilihan bupati, walikota, gubernur, legislatif, dan pemilu presiden. Pihaknya akan segera melaporkan kepada pemerintah pusat serta presiden republik indonesia agar selanjutnya e-voting dapat langsung direalisasikan.

“Kedepan kami berharap pemilihan bupati, walikota, legislatif, dan gubernur juga akan menggunakan e-voting.”, imbuhnya.

Tidak hanya Menristekdikti saja yang datang meninjau kegiatan tersebut. Prof. Hendrawan Supratikno yang menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Dapil Jateng X ini juga turut serta melihat langsung pelaksanaan e-voting pilkades tersebut. Ketika ditanya mengenai kondusifitas pemilihan umum dan kondisi demokrasi di Indonesia, dia mengatakan, ke depan dengan adanya e-voting, iklim demokrasi akan lebih sejuk dan kondusif serta dapat menekan persengketaan atau permasalahan pemilu.

“Adanya e-voting sangat diharapkan menekan persengketaan pemilu dan dapat menghasilkan iklim demokrasi yang lebih sejuk serta lebih kondusif.”, ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pemalang, H. Junaidi Sh. Mm, mengungkapkan banyak terimakasih kepada Menristekdikti yang telah mendukung dan memfasilitasi segala keperluan hingga keberhasilan e-voting pilkades yang ada di Kabupaten Pemalang.

Kami sangat berterimakasih kepada Menristekdikti yang telah membantu kelancaran proses e-voting di Kabupaten Pemalang dan Alhamdulilah bisa berjalan sukses serta tetap selalu kondusif.”, tandasnya. (Dentang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here