Hari Ini KPU Sumut Umumkan Hasil Verifikasi ke 12 Parpol

0
129
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara merampungkan verifikasi terhadap ke 12 partai politik (Parpol) lama peserta Pemilu 2014 silam, verifikasi ini mulai dilakukan sejak 29-30 Januari 2018.

Medan – Zonadinamika.com. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara merampungkan verifikasi terhadap ke 12 partai politik (Parpol) lama peserta Pemilu 2014 silam, verifikasi ini mulai dilakukan sejak 29-30 Januari 2018.

“Dua hari ini kita melakukan verifikasi terhadap ke 12 parpol peserta Pemilu 2014. Ini berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu,” ujar Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, Rabu (31/1).

Lanjutnya, verifikasi ke 12 parpol itu di lakukan untuk sebagai syarat menjadi calon peserta Pemilu 2019. Kemudian, verifikasi kepengurusan meliputi tiga poin yakni unsur KSB (ketua, sekertaris, bendahara), memperhatikan keterwakilan perempuan 30 persen, serta domisili kantor.

“Khusus untuk domisili kantor kita lihat status kantornya apakah kontrak atau milik sendiri dan harus disertakan dengan surat keterangan. Selain itu kantor harus menetap hingga tahapan Pemilu 2019 usai,” sebutnya.

Setelah merampungkan verifikasi, lanjut Mulia, hari ini, Rabu (31/1) pihaknya akan memberikan hasilnya kepada ke-12 parpol.

“Sebelum kita serahkan berita acaranya kepada partai, sore ini kami lebih dulu mengadakan rapat pleno. Setelah itu besoknya baru kita berikan kepada partai apakah memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS),” pungkasnya.(Rp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here