Medan-Zonadinamika.com.Membangun ketahanan ekonomi tak terlepas dari wanita dalam kapasitasnya selaku agen perubahan atau dikenal dengan istilah agent of development, dimana (wanita, red) dapat memotivasi sekaligus mampu mempengaruhi orang lain untuk menerima suatu inovasi kedalam bentuk perubahan yang lebih baik.

Demikian diutarakan Siti Aspani (foto), Sekretaris Pemerhati Wanita & Anak Tertindas disingkat PERWATI LSM STRATEGI saat bersilaturrahmi ke posko relawan yang ada di sejumlah desa di kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang, Sabtu (1/9).

Lebih lanjut Bacaleg DPRD Tingkat I periode 2019-2024 binaan Partai GERINDRA Dapil Sumut 3 Kabupaten Deli Serdang ini mengatakan, Wanita sebagai solusi pertumbuhan ekonomi yang perannya sangat dibutuhkan bahkan boleh dibilang menjadi salah satu indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat  dituntut memiliki kemandirian ekonomi, mempunyai kuasa dan posisi (pengaruh) dalam hubungan domestik, keluarga, maupun lingkungan sosial.

Partisipasi wanita mengangkat perekonomian bukan hanya untuk menurunkan tingkat kemiskinan di kalangan wanita semata, melainkan dapat juga dijadikan pondasi yang kokoh pada sektor lain. Wanita merupakan aset potensial sekaligus kontributor yang signifikan mewujudkan pembangunan, perdamaian, dan keamanan, jika diberdayakan secara intelektualitas, sambung penggiat sosial kontrol yang beberapa tahun terakhir disibukkan dengan penyelesaian masalah seputar wanita dan anak-anak yang ditangani Lsm Strategi.

Menurut Aspani, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan kaum hawa pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, diperlukan bantuan swasta/BUMN seperti melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dengan mengadakan berbagai penelitian, seminar, bimbingan, serta program pemberdayaan wanita lainnya terutama di bidang ekonomi dan pengembangan dunia usaha.

Dukungan CSR dalam peningkatan produktivitas ekonomi wanita diharapkan mampu mewujudkan keadilan juga kesetaraan gender, menjadikan wanita mitra sejajar dan bukan pesaing kaum pria, paparnya mengakhiri. (Rahman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here