Sekretaris Perwati LSM STRATEGI Siti Asfanny,Ajak Wanita Berperan Aktif di Segala Bidang

0
133
Sekretaris Perwati LSM STRATEGI Siti Asfanny

Medan, zonadinamika.com.Pemberdayaan wanita yang berarti meningkatkan kualitas dan peran perempuan pada semua aspek kehidupan melalui penciptaan situasi-situasi yang kondusif sebagai motivator juga akselerasi proses pembangunan.

Konsep pemberdayaan kaum perempuan dapat dikatakan sebagai suatu proses kesadaran sekaligus pembentukan kapasitas (capacity building) terhadap partisipasi yang lebih besar, kekuasaan, pengawasan dalam pembuatan keputusan serta tindakan transformasi agar menghasilkan persamaan derajat antara perempuan dan laki-laki.

Menurut pandangan Asfanny, Sekretaris Pemerhati Wanita & Anak Tertindas (PERWATI) LSM STRATEGI (foto), kapasitas perempuan masih terbilang rendah, hingga menyebabkan peran kaum perempuan tertinggal di hampir segala hal.

Dari itu diperlukan upaya dan strategi mengintegrasikan gender, dapat diartikan sebagai peran yang dibentuk oleh masyarakat serta prilaku yang tertanam lewat proses sosialisasi ke dalam arus pembangunan dengan menempatkan perempuan sebagai subjek, menghilangkan faktor kendala yang dihadapi perempuan dengan kegiatan analisis dan evaluasi.

Sehingga dihasilkan suatu identifikasi sejauh mana peranan maupun pengaruh keterlibatan perempuan dalam proses pembangunan. Biasanya perempuan yang berhasil mengelola rumah tangga dengan baik akan menjadi inspirasi dan motivator bagi pelaku pembangunan.

Kemudian menjelaskan jika wanita sebagai istri juga ibu dari anak pada hakekatnya mempunyai peranan penting yang saling melengkapi bersama pria selaku suami ataupun ayah, oleh sebab itu hak-hak mereka (perempuan,red) wajib dipenuhi.

Siti Asfanny, aktifis sosial kontrol di kepengurusan LSM STRATEGI Sumatera Utara yang dikenal memiliki kepedulian tinggi terhadap kaum perempuan-anak dan luwes bergaul ini juga merupakan kader Partai GERINDRA yang berencana mengikuti pertarungan pada pesta demokrasi Pileg tahun 2019 mendatang. (0145)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here