Kapolda Sumut Dukung Hadirnya DPD SPRI di Sumut

0
114
Jajaran Pengurus DPD SPRI Sumut audensi dengan Kapolda Sumut.

MEDAN-Zonadinamika.Com.
Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Sumatera Utara beraudensi dengan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Paulus Waterpauw dalam rangka membangun kemitraan dan sinergitas antara Polri dan Jurnalis, Kamis (12/7).

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPD SPRI Sumut Fernando Sitohang didampingi Sekretaris Devis Karmoy, Bendahara Monang Sitohang, Ketua Bidang Litbang Otti Batubara dan Anggota Bidang Sosial Ali. Sedangkan Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw didampingi Direktur Intelkam Polda Sumatera Utara, Bapak Kombes Dedi Kusuma Bakti dan Kabid Humas, Kombes Pol. Tatan Atmadja.

Ketua DPD SPRI Sumut, Fernando Sitohang mengatakan bahwa Serikat Pers Republik Indonesia kini telah berdiri di Medan, Sumatera Utara.

“Kami merupakan jajaran pengurus  DPD SPRI Sumut, setelah menerima Surat Keputusan (SK) dari DPP SPRI di Jakarta maka akan segera melakukan pelantikan secepatnya,” ujarnya.

Selain itu, keberadaan DPD SPRI Sumut sebagai organisasi pers bertujuan untuk peningkatan keprofesionalan jurnalis dalam bekerja melalui pelatihan-pelatihan jurnalis yang diselenggarakan secara berkala nantinya. Dan berharap dapat membangun sinergitas dengan Polda Sumut.

DPD SPRI Sumut menyarankan agar Polda Sumut dapat membangun media center Polda Sumut agar dapat seluas-luasnya mempublikasikan kinerja Polri kepada masyarakat. “Ada baiknya Bapak, agar Polda Sumut memiliki media center untuk dapat mengelola informasi dan memberikan informasi kepada rekan-rekan jurnalis untuk dipublikasikan kepada masyarakat sehingga prestasi positif atas kinerja Polda Sumut dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat,” ungkap Fernando.

Senada, Sekretaris DPD SPRI Sumut, Devis Karmoy menjelaskan bahwa kedatangan DPD SPRI Ingin membangun sinergitas sekaligus mendukung program-program Polda Sumut yang sifatnya untuk kepentingan masyarakat, terutama terkait Kamtibmas dalam pemilihan legislatif dan Presiden mendatang.

“Secara de facto kami sudah menerima SK dari DPP dan secara De Jure kami akan segera melakukan pelantikan.Dan terima kasih atas penerimaan kami, sekaligus kami memohon dukungan kepada SPRI,” jelas Devis.

Sementara, Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw mengatakan bahwa pihaknya mendukung berdirinya DPD SPRI Sumut. Namun Kapolda mengingatkan agar kelembagaan-kelembagaan harus mengikuti aturan pembentukan yang berlaku agar tidak menjadi kendala nantinya.

Lanjutnya, bahwa institusi Polri selama ini selalu terbuka terhadap siapa saja, yang penting legalitas lembaga itu jelas.

“Jangan nanti kita dukung dan bersinergi namun akhirnya nanti legalitasnya tidak diakui secara formal. Kita tahu semangatnya untuk membantu sebagai partner yang mengawasi dan mengoreksi pemerintah dan kepolisian juga membawa aspirasi masyarakat. Jadi jangan sampai tersendat karena legalitasnya,” ungkap Kapolda mengingatkan.

Tambahnya, pembentukan lembaga itu memerlukan waktu agar eksistensinya dapat diakui, jadi harus kerja dulu. Kalau di kelembagaan kami memang dituntut bersinergi kuat dengan teman-teman media pers juga dengan media sosial. Itu kebijakan Bapak Kapolri dalam Promoternya.

Kapolda menyarankan agar jurnalis yang tergabung dalam DPD SPRI Sumut dapat berperan dalam membuat berita-berita yang terupdate di pemerintahan dan kepolisian, terlebih menangkis pemberitaan yang belum memiliki fakta hukum (Hoax).

“Kalau ada pemberitaan menyangkut kelembagaan berilah kesempatan agar lembaga itu menjawab terlebih dahulu. Jangan belum dikonfirmasi malah langsung dipublikasikan,” himbau Kapolda.

Terkait media center, Kapolda mengatakan berencana membangun media center Polda Sumut guna memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat terkait kinerja Polda Sumut.

“Iya saran yang bagus itu. Kita percepat saja pembangunan media center Polda Sumut karena kita sangat memerlukan itu. Jadi teman-teman pers dapat memfungsikannya sebagi posko bekerja dan tempat untuk menggelar pers rilis. Kita nanti akan buat media center yang bagus,” tegas Kapolda sembari menyarakan kepada Kabid Humas.(Rp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here