GMM Asah Mental & Fisik Karyawan PG, Kejar Tahun Prestasi.

0
198

OLEH: HERI PURNOMO

 

BLORA –Zonadinamika.com.  Manajemen PT.GMM Bulog menyebut Tahun 2018 adalah Tahun prestasi,mengawali langkah menuju tahun prestasi (2018), pabrik gula (PG) pelat merah yang berdiri di kompleks Bentolo, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Blora, yakni mematangkan mental/fisik karyawannya.

Program mengasah mental dan fisik kepada lebih dari 60 orang karyawan PG, antara lain wajib ikut outbound selama tiga hari, di kawasan hutan jati kompleks wisata alam Gua Terawang Todanan, Blora.

“Kegiatan ini untuk mengawal giling 2018, sekaligus bersiap untuk sukses tahun prestasi PT GMM Bulog,” jelas Manager PT GMM Bambang Subekti, Minggu (4/2).

Menurutnya, outbond seperti ini perlu diberikan kepada para karyawannya, karena selain membentuk team work, dan soliditas, juga penciptaan kekompakan antar karyawan.

Maka seluruh peserta dilatih secara profesional oleh tujuh instruktur berpengalaman dari karyawan PG sendiri, di bawah pengawasan Bambang Subekti, manager PG GMM yang juga berpengalaman menjadi instruktur 86 kali di PG-PG di Jawa.

Kegiatan yang harus diikuti peserta, mulai game managemen, seperti spider web, rawa menghadang, dan how clever your game yang mempunyai teaching (learning) antara lain team building.

“Team building ini untuk peningkatan hubungan kerjasama, soliditas, sinergitas,  dan  kekompakan antar departemen,” jelas Bambang Subekti.

Perluas Lahan

Di PT GMM Bulog, terdapat sejulah departemen,  masing-masing Departemen Plantation,  Pabrik, Office, Logistik, Marketing, Procurement, dan HRD. Maka Selain membangun team work, peserta memperdalam komunikasi, leadership (kepemimpinan), konsentrasi, dan kreativitas.

Pejabat Sekretaris PT Gendhis Mulkti Manis (GMM) Bulog, Doddy S. Soerachman, mengawasi langsung dan serius kegiatan karyawan PG, dengan sesekali memberi pengarahan/perbaikan kegiatan.

“Selain pencanangan tahun prestasi (2018), dan perluasan lahan tebu sekitar 1.500 hektar, kami harus memotivasi mental/fisik karyawan agar lebih baik lagi,” jelasnya.

Melalui pelatihan strategi planning, analisis, dan convident, diharapkan karyawan akan mampu menelaah, memecahkan masalah, membuat stratragei, dan percaya diri demi pencapaian tahun prestasi GMM.

“Outbound kami gelar di obyek wisata Gua Terawang milik Perhutani KPH Blora, juga sebagai upaya lebih memperkenalkan potensi wisata alam yang luar biasa ini bagus,’ papar Doddy.

Sebelumnya pada musim giling 2017 ini, GMM Bulog mencatat prestasi bagus, rendemen terbaik diantara PG di Jateng, dan berhasil menggiling lebih dari 420.000 ton tebu rakyat dengan produksi gula putih,  bersih dan segar sekitar 32.500 ton.

Selain itu, PG Blora yang memiliki kemampuan giling 6.000 Tcd (6.000 ton) tebu per harinya, sementara ini baru dipakai sekitar 4.000 hingga 4.300 ton tebu perhari, berhasil membina petani dengan program tebu fotlot (tebu bersih), dan menampung semua tebu petani.

Ft.Saat kegiatan outbong karyawan PT GMM Bulog membentuk team work, sinergitas, soliditas, dan kekompakan antarkaryawan di wana wisata Gua Terawang. (Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here