Louncing Program P2WKSS Desa Segarjaya,Akan Meningkatakan Perekonomian Dusun Karangmulya

0
159

Karawang,Zonadinamika.com:  Louncing Program P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Keluaraga Sehat Sejahtera) Desa Segarjaya Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, Kamis (18/1) di Aula Desa Segarjaya.Acara yang di hadiri muspika Kecamatan Batujaya para OPD yang mewakilinya. Karena dalam Louncing P2WKSS semu dinas terkait akan terlibat baik dari Kesehatan, pendidikan, pertanian dan Dinas terkait lainya.

Dalam sambutan Muspika Kecamatan yang di wakili Usup menjelaskan tentang P2WKSS, Program Terpadu P2WKSS adalah program peningkatan peran perempuan yang mempergunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan, secara terkoordinasi, dengan upaya yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas. Desa yang di tunjuk oleh Bupati Karawang untuk P2KWSS tahun 2018 adalah Desa Segarjaya,kegiatan ini  melibatkan 36 Dinas dan lembaga Masyarakat yang mendukung.Dinas BPPKPA,Dinas Kebudayaan dan pariwisata, Dinas PRKP, Dinas Kesehatan dan lainnya yang mendukung P2KWSS,dan inilah salah satu kebanggaan bagi kita semua yang ada di Kecamatan Batujaya bahwa Desa segarjaya di tunjuk untuk Program P2KWSS.

Disisi lain sambutan Kepala Puskesmas Batujaya,H.Eko, ini Louncing  P2KWSS tidak salahnya saya sedikit menyentuh sesuai dengan bidang kesehatan yang mewakilinya,seperti KTR, Posyandu, PHPS, disini kita haya melaksanakan tugas. Semua yang terlibat aparat Desa mau, mampu melaksanakannya.  Semua kegiatan sebelum dan sesudahnya  harus di dikumentasikan dan harus terintergrasi jangan terpisah denagn intasi lainya. Nantinya akan ada Kawasan Bebas Asap rokok  yang harus Komitmen menjalankannya Desa harus membuat Perdes tetang Bebas Asap Rokok di rumah.

Sambutan Dari Dinas pertanian yang di wakili oleh PPL, Dari Dinas pertanaian pun akan ada pelatihan tentang tanaman sayuran yang ditanam yang diperkarangan rumah,selain itu yang belum tergabung atau terbentuk KWI (Kelompok Wanita Tani) segera bentuk,kalau sudah terbentuk bantuan  KWI nantinya akan mengalir bantuan pertanian tersebut ke kelompok. Bagi yang membutuhkan bibit sudah ada Dinas Pertanian,tergantung dari desa kapan mau di ambilnya,dengan adnaya P2KWSS ini dari bidang pertanaian bisa dimenfaatkan halaman pekarangan rumah jadi kebun sayuran nantinya dan alangkah baiknya kita menfaatkan yang ada dulu sebelum bantuan datang dari Dinas.

Dengan adanya program P2WKSS ini sangat kami Apresiasi sekali karena Desa Segarjaya dari 15 Desa di Pesisir Kabupaten Karawang dengan Ucapan Alhamdulillah Desa kami Terpilih dan di tunjuk untuk mengikuti program perlombaan tingkat Provinsi Jawa Barat, “secara pribadi selaku Kades Segarjaya ini adalah sebuah pekerjaan Rumah yang harus di lakukan menyulap Dusun Karyamulya menjadi sebuah Dusun yang benar sejahtera dalam segala bentuk apapun Dan akan menajadi percontohan Desa Desa lain baik yang ada di kabupaten Karawang maupun di luar kabupaten Karawang.” Hal tersebut di ungkapkan Kepala Desa (kades) Segarjaya H.Saripudin di sela-sela kesibukan menuturkan kepada zoandinamika.com,Kamis (18/1).

Lanjut masih Kata Saripudin,melalui program P2WKSS ini bisa bekerjasama dengan intasi maupun Dinas-dinas terkait dan berbagai sektor lembaga yang ada mulai dari Sektor Dinas Kesehatan Dinas Pendidikan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana,serta Badan Kesatuan Bangsa Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat,Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Dinas Bina Marga dan Pengairan Dinas Pariwisata,dan masih banyak lagi yang mendukung. ”Penyelenggaraan yang akan segera di mulai Awal Bulan Februari 2018  ini,dengan harapan bisa berjalan lancar dan sukses sampai waktu yang di tentukan sehinggga mampu membawa Nama baik Kabupaten Karawang dan Desa Segarjaya pada umumnya. Pungkasnya

Kepala Dusun Karangmulya Desa Segarjaya,Rudi yang biasa di sapa Black mengutarakan kebanggaannya,”Saya banyak –banyak terima kasih kepada Kepala Desa Segarjaya dan sangat Apresiasi,bahwa dusun kami yang memiliki 5 Rukun Tetangga (RT) di tunjuk untuk Program P2KWSS di tahun 2018,semoga di dusun kami biasa berubah semua baik dari infrastrukturnya,pendidikannya,kesehatanya,da nada peluang usaha bagi waraga setempat,”dengan adanya Program P2KWSS, Allhamdulillah Dusun Karangmulya bisa tampil beda yang selama ini terlihat Dusun yang sangat tertinggal. ”Ujarnya (Wasim M)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here