Pengurus DPC Patelki Belu Dibentuk

0
196

Atambua,NTT,Zonadinamika.com: Pengurus DPC Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) Kabupaten Belu, Jumat (29/) pagi dilantik. Acara pelantikan yang digelar di Ball Room Hotel Matahari Atambua dirangkai dengan Seminar Ilmiah dengan Tema “ Menjadi Tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATML) Yang Legal, Mandiri dan Profesional Untuk Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

“Sejauh pengamatan kami, ahli teknologi laboratorium sudah ada di belu sejak dulu. Secara organisatoris memang baru dikukuhkan hari ini untuk menjadi tenaga profesi yang legal, namun tenaga-tenaga ahli laboratorium hingga saat ini sudah bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan yang sangat baik,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Drs. Petrus Bere kepada media, usai pengukuhan Badan Pengurus Patelki Kabupaten Belu.

Menurut Sekda Bere, para ahli laboratrium tersebut, memiliki peran yang sangat-sangat strategis, karena keputusan klinik apapun tentu dasarnya adalah hasil analisis lab. “Ini letak potensi mereka yang patut kita apresiasi. Pemerintah memberikan rasa hormat dan bangga atas pelayanan-pelayanan profesi yang sudah diberikan kepada masyarakat selama ini,” ucapnya. Melalui pengukuhan ini, ujar Sekda Belu berharap agar komitmen pelaksanaan tugas profesi di sektor pelayanan kesehatan dapat menghantarkan masyarakat menuju hidup sehat semakin terujud.

“Mari kita membangun semangat, membangun inovasi dan kreatifitas kita untuk terus melaksanakan tugas sesuai dengan profesi kita masing-masing. Masalah kesehatan di Kabupaten Belu memang masih cukup banyak, oleh karena itu kita butuh kerja sama dengan semangat kerja bersama,” pinta Sekda.

Pengukuhan hari ini akan terus memotivasi semangat kita untuk terus melaksanakan tugas-tugas secara baik ke depan. “Dengan pengukuhan hari ini maka tenaga ahli teknologi laboratorium medik akan semakin profesional dan legal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. ke depan pelayanan kesehatan semakin terus ditingkatkan. Kita juga berharap, tidak akan ada lagi mal-mal praktek di daerah ini,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua DPW Patelki Provinsi NTT Simeon Tenggoang, S.Si, M.kes, mengatakan kehadiran organisasi profesi ini bertujuan untuk menata, membina, mengawasi anggotanya agar dapat bekerja secara berkualitas di fasilitas pelayanan kesehatan. “Saya sangat senang karena salah satu organisasi profesi kesehatan di Indonesia, NTT bahkan Belu sudah legal untuk melaksanakan tugasnya. Anggota kita ada yang bekerja di rumah sakit, puskesmas mapun klinik-klinik. Tugasnya pengurus ini adalah untuk mengawasi, jangan sampai ada salah dari sisi etika profesi,” jelas Simeon. (Nus.F/Setdabelu).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here