Cilacap – Zonadinamika.com.Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Binangun dan Babinsa Koramil 05/Nusawungu, Sertu Jumadi melaksanakan fogging atau pengasapan di lingkungan masyararakat wilayah Kadus 2 Rt.08 Rw.15, Desa Binangun Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap.

Hal ini sebagai langkah pencegahan dan antisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).
“Fogging ini merupakan salah satu cara untuk mematikan dan memotong siklus penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegepty. Selain fogging petugas kesehatan dan Babinsa juga melakukan penyuluhan bahaya penyakit DBD kepada masyarakat,” kata Sertu Jumadi, Selasa (11/12).

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ini dilakukan di sekitaran rumah warga, perkantoran, tumpukan sampah dan beberapa saluran parit yang sering tersumbat.

Menurut Kepala Puskesmas Binangun dr Lini Nuraeni, pengasapan yang dilaksanakan hanya untuk membunuh nyamuk dewasa, sedangkan untuk membasmi jentik-jentik nyamuk harus dibutuhkan pola hidup bersih masyarakat.

Kepala Puskesmas, mengharapkan peran serta warga dalam mencegah penyebaran penyakit DBD, dengan langkah 3 M, yakni menguras, menutup dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan.

“Barang-barang yang tidak terpakai dan menampung air akan menjadi sarang nyamuk penyebab DBD,” tandasnya.

Untuk mencegah penyakit DBD, warga harus peduli lingkungan dengan menjaga kebersihan sekitar. Pengasapan dilakukan tidak harus menunggu jatuhnya korban penyakit DBD, jadi kegiatan ini hanya mengantisipasi saja,” terangnya.
(Sutaryo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here