Surabaya – zonadinamika.com. Hermawansyah, merupakan salah satu mitra pengemudi GO-JEK Surabaya yang pernah terpilih menjadi “Top Driver GO-JEK” di bulan Juni 2017. Keputusannya bergabung bersama GO-JEK diawali saat beliau masih bekerja di salah satu gerai toko mainan terbesar di Surabaya. Saat itu pria yang akrab disapa Hermawan merupakan admin di gerai toko mainan tersebut. Namun karena kontraknya akan berakhir, di akhir Agustus 2015, beliau memutuskan untuk bergabung bersama GO-JEK.

“Saya harus berjuang untuk keluarga saya. Anak dan istri di Jombang bergantung pada saya. Saya harus semangat dan pintar mencari peluang,” ujar Hermawansyah.

Selain menjadi Top Driver, Hermawan juga mendapatkan predikat sebagai “driver bintang 5” berkat upayanya dalam menginformasikan keistimewaan menggunakan GO-PAY.

“Produk di GO-JEK itu banyak. GO-PAY misalnya, bisa dimanfaatkan dengan mudah untuk para konsumen dan kita para driver. Bisa dipakai untuk apa saja. Lain lagi kalau kita bicara produk GO-FOOD, selain bisa memudahkan pelanggan untuk mendapatkan makanan, impian saya adalah mengajak istri saya bergabung menjadi merchant.

Secepatnya, saat kita bisa tinggal bareng nanti di rumah kita di Mojokerto hasil Program Swadaya KPR BTN. Tinggal dua bulan lagi bisa serah terima kunci. Insya Allah,” ujarnya sambil tersenyum.

Berkat keuletan dan kerja kerasnya di GO-JEK, Hermawan merupakan salah satu mitra pengemudi GO-JEK yang menerima Program Swadaya. Sudah tujuh bulan beliau mencicil DP untuk mendapatkan rumah, yang ia harapkan bisa jadi tempat berlindung bagi dirinya dan keluarganya.

Tidak hanya cicilan rumah. Paket Siap Online yang baru-baru ini diluncurkan juga turut memberikan manfaat. “Senang sekali dan merasa dihargai sebagai mitra GO-JEK sekaligus terbantu. Kalau sebelumnya saya sebulan habis Rp 150,000. untuk pulsa dan paket data, sekarang cukup Rp 75,000. saya bisa dapat pulsa dan paket data hingga 15 GB. Saya masih punya sisa uang yang bisa disisihkan sekaligus bisa makin sering teleponan dengan anak dan istri di Jombang.”

Pria yang juga aktif di salah satu komunitas di Surabaya yang rutin mengadakan kegiatan sosial ini turut menambahkan bahwa manfaat Program Swadaya juga turut dirasakan oleh teman-teman di komunitasnya. “Lebih dari 50% anggota merasakan manfaatnya. Sesederhana penggunaan manfaat untuk servis kendaraan, itu bisa membantu kami menekan pengeluaran.”

Hermawan berharap dengan kerja keras yang ia lakukan, serta dukungan dari GO-JEK lewat Program Swadaya, bisa membantu beliau semakin sejahtera bersama keluarga.

Kesejahteraan Meningkat

Selain mendapatkan berbagai manfaat yang ada di program SWADAYA, menjadi mitra driver GO-JEK juga ternyata mampu meningkatkan kesejahteraan mitranya. Hal itu yang dirasakan oleh Zarnuqi, mitra GO-JEK Surabaya yang sudah bergabung sejak 2015 lalu. Zarnuqi mengaku, sejak menjadi mitra GO-JEK selain mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari dirinya juga berhasil memiliki tabungan hingga 4 juta setiap bulannya.

“Semenjak bergabung menjadi mitra GO-JEK, dari sisi finansial saya membaik. Kalau dulu saya masih jadi karyawan penghasilan tiap bulannya tetap. Semenjak di GO-JEK, saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Kuncinya adalah semangat yang tinggi, selama kita rajin mengambil orderan maka semakin tinggi juga pendapatan kita,” tutur Zarnuqi.

Sekarang, dia juga semakin pintar dalam mengelola keuangan. Dengan menggunakan GO-PAY dia selalu bisa menyisihkan uang hasil ngebid untuk tabungan masa depannya. “Saya jadi bisa memisahkan mana yang untuk kegiatan sehari-hari, mana yang untuk ditabung,” katanya.

Ayah satu anak ini berhasil membeli sepeda motor sendiri di 6 bulan pertama menjadi mitra GO-JEK. Tak hanya itu, dia juga bisa membeli lemari pendingin untuk membuka usaha sendiri di rumahnya.

Pria ini juga tak lupa menyisihkan sebagian rezekinya untuk disedekahkan. “Prinsipnya kita bersyukur dengan apa yang kita dapatkan, kita memang kerja cari uang tapi jangan lupa berbagi,” tuturnya.

Kini, selain mampu menghidupi keluarga kecilnya Zarnuqi juga mampu membantu biaya sehari-hari Ibu dan sanak saudaranya. Dia mengaku keputusan menjadi mitra GO-JEK yang diambilnya tiga tahun lalu tersebut merupakan keputusan tepat yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup keluarganya.

Ke depannya, selain program SWADAYA dia berharap semakin banyak lagi program pelatihan untuk mitra GO-JEK dan keluarganya. “Supaya semakin banyak mitranya yang berdaya dan merasakan manfaat dari GO-JEK,” tutupnya. (intan/dms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here