Surabaya:Zonadinamika.com. Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara meluncurkan tim satgas penyaluran BBM dan LPG ldul Fitri 1439 H. Mengantisipasi terjadinya peningkatan konsumsi BBM di beberapa titik wilayah Provinsi Jawa Timur.

Dalam  acara ini dipimpin langsung oleh General Manager Pertamina MOR V Ibnu Chouldum, didamping Asep Wicaksono Hadi Mngr RFM V, Harjono Mngr Domestik Gas Region V, Rahmat Muhamadiyah Ketua DPD V Hiswana MIGAS, OKKY RIANA HARTADI Manager Aviation region V, berlangsung di Kantor Pertamina (Persero) UPMS V Jalan Jagir Wonokromo 88 Surabaya.

Tim Satgas ini dimulai pada 30 Mei hingga 28 Juni 2018 dan beroperasi di kantor Pertamina MOR V, seluruh Terminal BBM, Depot LPG Filling Plant hingga Depot Penyaluran Pesawat Udara (DPPU) dengan waktu operasional selama 24 Jam.

General Manager Pertamina MOR V, lbnu Chouldum menjelaskan bahwa peran utama dari tim satgas antara lain memantau kondisi penyaluran, mengawasi stok BBM dan LPG di setiap SPBU juga Agen LPG, serta mengkordinasikan segala aktivitas distribusi BBM dan LPG bersama Hiswana Migas dan Kepolisian setempat.

“Tim Satgas merupakan salah satu bukti komitmen Pertamina terhadap kelancaran pasokan bagi masyarakat khususnya para pemudik selama arus mudik lebaran. Kordinasi tim satgas di masing-masing lokasi didukung dengan peninjauan ke Iapangan akan menjadi sah satu agenda utama tim tersebut agar masyarakat senantiasa mudah mencari BBM ketika perjalanan mudik,” jelas lbnu Chouldum, kemarin, Rabu, (30/05/2018)

Pertamina memprediksi puncak arus mudik ldul Fitri 1439 H akan terjadi pada tanggal 9-10 Juni 2018, sementara itu beberapa titik di Provinsi Jawa Timur yang diperkirakan akan cukup ramai pada masa mudik antara lain Kabupaten Madiun, Mojokerto, Wilangan, Kertosono dan Ngawi.

Mengantisipasi terjadinya peningkatan konsumsi BBM di titik tersebut, Pertamina telah menyiapkan berbagai sarana untuk menambah kelancaran dan ketersediaan BBM bagi para pemudik antara lain Mobile Storage, KIOSK hingga Motorist Bahan Bakar Khusus (BBK) yang tersebar di ruas tol maupun non tol.

“Selain memperkuat stok di SPBU, kita telah mensiagakan Mobile Storage di 11 titik SPBU yang diprediksi ramai dikunjungi para pemudik. KIOSK juga telah siap beroperasi di 8 titik di rest area Tol Ngawi, Kentosono hingga Mojokerto dan tidak Iupa hadirnya Motorist yang akan keliling di titik kemacetan dengan menyiapkan 30 liter Pertamax, dan Dexlite, yang akan menambah kenyamanan para pemudik dalam melakukan perjalanan,” kata General Manager Pertamina MOR V, lbnu Chouldum Motorist tersebut berupa kendaraan roda dua yang modifikasi sedemikian rupa sehingga bisa memuat BBM jenis Pertamax dan Dex berkapasitas tiga tanki, masing-masing sebanyak 10 liter. Motorist oleh Pertamina MOR V akan disiapkan sebanyak 25 unit disebar dibebeberapa titik rawan macet. Pengguna jalan juga bisa menggunakan jasanya dengan menghubungi hotline 1500 000.

Konsumsi BBM selama masa ldul Fitri 1439H di Wilayah Jawa Timur diprediksi aman.

Untuk LPG Pihaknya juga telah menyiapkan pangkalan siaga sama agen siaga di seluruh Jawa Timur.

Berkaitan dengan pasokan LPG, pada produk LPG bersubsidi (3 kg) Pertamina memprediksi terjadinya peningkatan konsumsi rata-rata sebesar 7% dari konsumsi normal sebesar 94.679 Metric Ton (MT) / Bulan menjadi 101.307 MT/Bulan. Konsumsi LPG Non Subsidi (Bright Gas 5.5 kg, Bright Gas 12 Kg, dan LPG 12 kg) di Jawa Timur juga diprediksi mengalami peningkatan menjelang ldul Fitri sebesar 9% dari 4.593 MT/Bulan menjadi 5.006 MT/bulan.

“Untuk menjaga ketersediaan stok di lapangan, Pertamina juga melakukan beberapa Iangkah intensif mulai dari Built Up stok di storage, agen hingga pangkalan LPG. Pertamina juga telah membentuk 237 Agen Siaga dan 2426 Pangkalan Siaga di Wilayah Jawa Timur yang akan beroperasi setiap hari khususnya ketika libur Hari Raya ldul Fitri 1439 H,” lanjut Ibnu.

Pertamina MOR V senantiasa berkomitmen untuk memastikan ketersediaan BBM dan LPG di Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara sehingga masyarakat dapat melaksanakan lbadah puasa dan merayakan ldul Fitri 1439 H dengan penuh kelancaran.

Masyarakat juga dapat berperan aktif dalam memberikan saran, masukan maupun aduan melalui contact center Pertamina di nomor telepon 1-500-000 atau ke posko satgas MOR V di 031-8492400.(dms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here