Meski Gratis, Pembagian Rastra Di Desa Tegalharjo, Glenmore, Menuai Masalah.

0
188
Inilah Rastra untuk warga kurang mampu yang masih tetap berkualitas jelek

BanyuwangiZonadinamika.com. Warga Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur mengeluh, pasalnya beras rastra yang mereka terima sudah berwarna kekuningan dan tidak layak konsumsi meski tidak dipungut biaya sepeserpun, Selasa (23/1/18).

“Beras yang kami terima saat ini tidak sebaik bulan lalu. Sekarang sudah berwarna kekuning-kuningan. Jadi berasnya jelek dan sudah tidak layak konsumsi,” tutur salah satu warga yang tidak ingin namanya disebutkan ini.

Selain masalah kualitas, ternyata para penerima rastra juga diharuskan mengambil sendiri ke titik distribusi yakni di Kantor Desa Tegalharjo sedang tempat tinggal warga penerima ada yang jauh dari kantor desa dan hal ini menjadi salah permasalahan baru bagi pemerintah desa.

“Melihat kondisi seperti itu maka kami berinisiatif untuk mengantarkan beras-beras itu sampai ke rumah masing-masing dengan dibantu kepala-kepala dusun, ketua RT, dan RW. Sementara beaya transportasinya kami tanggung pribadi,” ucap Kades Tegalharjo, Mursyid, SE.

Sementara itu, komplain dari beberapa Ketua RT dan RW juga muncul dikarenakan mereka menilai penetapan penerima manfaat rastra kurang tepat sasaran.

“Ada penerima rastra itu termasuk keluarga mampu, sementara yang tidak mampu malah tidak masuk dalam daftar penerima,” sesal salah seorang Ketua RT.

Mendengar keluh kesah warganya, Kades Mursyid pun bingung. Data warga penerima manfaat rastra berasal dari pusat sedang Pemdes, khususnya Kades Mursyid tidak berani mengubahnya karena bisa dianggap melanggar hukum.

“Saya tahunya rastra itu dibagikan secara gratis dan tidak boleh memungut beaya serupiahpun dari warga. Sehingga untuk ongkos kendaraan pengangkut ke rumah warga, saya yang bayar. Soal penerima yang dinilai kurang tepat sasaran, saya tidak berani mengubah sebab data itu sudah ditetapkan oleh pusat,” pungkas Mursyid. (Taufan Dani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here