Cilacap – Zonadinamika.com.Babinsa Jajaran Koramil 03/Kroya bersama dengan BPDD dan warga desa Sikampuh Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap bergotong-royong membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat saluran air Kali Tipar, Kamis (6/12).

Babinsa Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya Peltu Eko Daryanto menjelaskan, tumpukan sampah di sungai tentunya menuntut kepedulian dan kesadaran dari seluruh pihak untuk dibersihkan.

“Jika sampah menyumbat saluran air, maka masalah banjir dan kesehatan lingkungan pasti akrab dengan kedua hal tersebut, ditambah keindahan lingkungan menjadi kumuh,” paparnya.

Peltu Eko Daryanto menyebutkan, saluran di beberapa titik terutama diblok Klep 10 Desa Sikampuh tertutup oleh sampah maupun endapan lumpur. Sehingga, aliran air tidak begitu lancar. Oleh karenanya, dalam kegiatan bersih-bersih bersama puluhan warga difokuskan untuk pembersihan sampah di blok klep 10 Kali Tipar.

“Kami berharap, melalui gotong-royong membersihkan tumpukan sampah ini, nantinya saluran dapat menampung, menyalurkan lebih banyak air dan lancar, karena Kali Tipar melewati dua wilayah, yakni wilayah Banyumas dan Cilacap,” katanya.

Semoga dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan dan keindahan. (Sutaryo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here