Deli Serdang, Zonadinamika.com. Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di kabupaten Deli Serdang boleh dibilang masih cukup tertinggal serta mengalami kesenjangan, perlu dikelola lebih profesional, responsif gender yang menuntut aparatur pemda terutama bagi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kabupaten yang membawahi 22 kecamatan tersebut untuk terlibat bekerja keras meningkatkan kinerja, bersinergi antar pelaku pembangunan khususnya bidang kesetaraan gender yang harus menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Dikatakan Siti Aspani (foto), Sekretaris Pemerhati Wanita & Anak Tertindas (PERWATI) LSM STRATEGI, Sabtu (4/8), mengingat keterlibatan pemerintah daerah sangat dibutuhkan sebagai penguat sekaligus pendorong dalam mengatasi persoalan kesetaraan gender, agar pencapain target pembangunan efektif dan efesien menuju masyarakat desa yang lebih sejahtera secara berkeadilan.

Aspani, aktivis sosial kontrol yang beberapa tahun terakhir disibukkan dengan permasalahan menyangkut perempuan dan anak juga merupakan kader Partai GERINDRA yang mendapat kesempatan menjadi Bacaleg DPRD Tingkat I Dapil Sumut 3 Deli Serdang menilai jika upaya Pemkab DS melalui surat edaran Bupati tentang dana desa yang dapat dipergunakan untuk kegiatan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sudah sangat baik.

Namun memerlukan pengawasan ekstra agar kebijakan yang menggunakan dana bersumber alokasi APBN tepat sasaran, tidak dijadikan ajang kesempatan bagi oknum Kepala Desa menyelewengkan uang rakyat tersebut.

Kesetaraan gender dapat dilihat dari kesempatan sekaligus peran wanita cukup tinggi dalam mendorong kepentingan ekspektasi politik. Sadar gender masyarakat Deli Serdang merupakan langkah awal, bukan saatnya lagi perempuan dianggap beban, melainkan ada potensi luar biasa pada diri mereka (perempuan, red) yang harus digali dan diberdayakan guna pencapaian target pembangunan di Kabupaten Deli Serdang.

Siti Aspani tak mau mengumbar janji terkait pencalonan dirinya sebagai Bacaleg dengan nomor urut 11 Dapil Sumut 3 DS dari Partai GERINDRA selain tetap komit mengurusi persoalan wanita dan anak sebagai momok menakutkan yang acap kali terjadi ditengah masyarakat.

“Kami, kader-kader Perwati Lsm Strategi bersama warga masyarakat dan kader Partai Gerindra khususnya kaum hawa akan terus mengawasi program kesetaraan gender yang dicanangkan Pemkab.Deli Serdang”, ucapnya. (0145)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here