Warga Berencana Gelar Demo di Kantor Desa Bojong Sari Tirtamulya.

0
230

Karawang-Zonadinamika.com.Warga Desa Bojong Sari Kecamatan Tirtamulya Karawang Jawa Barat ancam akan gelar demo di kantor Desa, menyusul tidak transfaranya kepala desa dalam pembentukan Badan Permusawaratan Daerah (BPD).

Warga menduga tersusunya kepengurusan BPD adalah hasil ploting kepala desa dan mencopot orang orang terdekatnya,karena terbentuknya pengurus BPD warga tidak mengetahuinya.

Sesuai pengakuan yang di rangkum dari sejumlah warga mengatakan, Keberadaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai lembaga permusyawaratan di tingkat Desa.Bahwa secara yuridis, tugas Badan Permusyawaratan Desa mengacu kepada regulasi desa yakni Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Badan Permusyawaratan Desa sebagai lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

Hal itu demi memperkuat kebersamaan, serta meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa memfasilitasi penyelenggaraanMusyawarah Desa.paparnya.

Lebih jauh warga menambahkan,seharusnya pemilihan anggota BPD dilakukan secara demokratis, yakni dipilih dari dan oleh penduduk desa yang memenuhi persyaratan calon anggota BPD.

Dalam Permendagri No.110/2016 Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa, BPD harus menggali,menampung, mengelola, menyalurkan, aspirasi masyarakat.

Namun katanya fakta yang terjadi di desa Bojong Sari Kec Tirtamulya, bahwa pemilihan BPD tidaklah demokratis, namun rentan ada kepentingan, karena dengan terbentuknya BPD banyak warga yang tidak mengetahui.

Oleh karena itulah warga ingin mengetahui dan bermaksud mempertanyakan akan pembentukan BPD yang diduga secara siluman tersebut pada kepala Desa.Didalam pemilihan BPD kenapa tidak melibatkan warga, artinya kepala desa dan BPD tidak ada transfaransi pada warga Bojong Sari.

Hingga berita ini di turunkan, tidak satupun pihak Desa Bojong Sari yang bisa di klarifikasi.(tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here