Pegiat Anti Korupsi Laporkan Proyek Peningkatan Jalan Ibu Kota Nias Barat di Kejatisu.

0
214

Gunungsitoli-Zonadinamika.com. Dimana di ketahui pada peningkatan jalan di ibu kota nias barat T.A. 2017 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK)  beraroma korupsi, Hal ini disampaikan oleh Siswanto laoli sekaligus sebagai ketua DPD LSM Garuda RI kepulaun nias.

Hal ini tentu sangat merugikan negara dan mempengaruhi keterlambatan pembangunan infrastruktur di daerah khususnya kabupaten nias barat, dalam pekerjaan jalan masih terlihat belum terlaksana dengan baik atau tidak sesuai dengan dokumen kontrak yang ada, Ujarnya.

Ada pun temuan kita saat dilapangan pada kondisi pembangunan jalan di ibu kota kabupaten nias barat, pekerjaan tersebut tidak bermutu, campuran abu batu dan aspal kurang, sehingga terkesan ada dugaan pembiaran kepada kontraktor pelaksana yang dilakukan oleh pihak pengawasan atau PPK dari dinas terkait.

Kuat dugaan dalam pekerjaan itu baru mencapai progres 40% bobot pekerjaan pada tanggal 13 Desember tahun 2017, dimana kita ketahui sesuai dengan dokumen yang kita punya yakni surat perintah pencairan dana (SP2D), bahwa progres pekerjaan tersebut kuat dugaan telah dibayarkan 80% pertanggal 13 Desember tahun 2017 sejak akhir kontrak, dan tidak tertutup juga kemungkinan dimana pada tanggal 28 desember masih sempat dicairkan kelebihan sisa uang kontraktor pelaksana. kita menduga telah dibayarkan sisa uang kontraktor, sehingga pencairan genap 100%.

Hingga pada bulan februari tahun 2018, pekerjaan jalan di ibu kota kabupaten nias barat masih belum selesai dikerjakan oleh PT. DR, dengan nilai kontrak sebesar Rp.12.917.742.000 (Dua belas miliar sembilan ratus tujuh belas juta tujuh ratus empat puluh dua ribu rupiah).

Baiknya pihak dinas harusnya melakukan pemutusan kontrak dan menyita jaminan pelaksanaan yang 5% dan di setor ke kas daerah.

Atas temuan itu, kita telah melaporkan secara resmi di kejaksaan tinggi sumatera utara dengan nomor surat 20/DPD/Garuda-RI/KEPNI/II/2018, yang diterima langsung oleh pegawai jaksa atas nama G. Marpaung di ruangan Pidsus.(soni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here