PENDIDIKAN UNTUK INTEGRITAS GENERASI BANGSA

0
36

Opini:Musa Boma

Dogiyai, Zonadinamika–Dalam membangun pendidikan Papua yang berkualitas, cerdas dan bebas serta kritis terhadap situasi masalah Papua, pemerintah sudah sesungguhnya memiliki pemahaman tentang arti dan makna pendidikan Papua.

Pada satu pihak, pendidikan memang dipahami sebagai satu aspek yang paling penting krusial dan baik untuk membentuk integritas generasi bangsa. Aspek kehendak, hati dan aspek akal budi hanya dapat dibentuk secara seimbang dan penuh melalui pendidikan Papua yang bekualitas, cedas dan bebas dari adanya sejumlah masalah dan konflik Papua.

Namun di lain pihak, pendidikan Papua selama ini nampaknya dikelola secara monoton dan sistem bank dengan menerapkan sistem pendidikan yang paling bobrok dan penuh bau kematian generasi bangsa.

Juga pendidikan Papua hanya lebih diberikan oritensinya pada pembangun fisik, bukan non fisik bahkan tidak ada perubahan mental, revolusi, dan moral secara manusiwai dan berperadaban melalui pendidikan.

Apalagi lebih berat bagi pemerintah jika mengajak dan diajak dialog karya dalam upaya membentuk generasi bangsa yang kritis, bebas dan mandiri dari konflik Papua melalui pendidikan Papua yang membebaskan dan pengharapan.

Maka kita berani dapat menyumpulkan bahwa pendidikan Papua masih tetap belum mendapat kedudukan utama bagi pemerintah Indonesia dalam membangun Papua yang berintegritas tinggi guna menciptakan perdamaian dan kesehteraan bersama di tanah Leluhur.

Konsep Pendidikan

Berdasarkan situasi konflik dan masalah termasuk dalam konteks pendidikan, pendidikan memang teramat penting dan baik.

Dikatakan pendidikan karena pendidikan adalah esensi dan pengasal untuk membangun integritas generasi bangsa sebagai esensi, pendidikan dapat memperbaharui manusia secara lebih manusiawi, berada dan menjadi manusia yang lebih sejati

Ia tidak bisa dikuasai, dibentuk dan dilaksanakan oleh situasi yang berada di luar dirinya kondisi sosial masyarakat, social, budaya, dan sosial politik, serta kondisi sosial ekonomi dan pelanggaran HAM di Papua hanya merupakan sumber utama yang mengispirasikan dan mengaspirasikan esensi pendidikan bagi pembangun integritas generasi penerus bangsa

Kesemua unsur itu hanyalah sumber pembicaraan utama kita untuk menemukan esensi pendidikan tersebut bagi kemandirian dan kebebasan pembentukan integritas generasi bangsa secara penuh maka pemerintah dalam membangun integritas Papua tidak boleh diatur oleh sistem pendidikan kebobrokan tersebut

Pendidikan yang membebaskan adalah indikator utama untuk membagun integritas generasi bangsa Papua. Satu aktor yang terlibat penuh dalam mendapatkan pendidikan yang membebaskan adalah generasi bangsa Papua secara khusus, mereka ini punya hak penuh atas pendidikan Papua yang membebaskan

Maka seistem pendidikan yang semakin membobrok, yang selama ini diterapkan oleh pemerintah bagi Papua harus diperbaharui dan direhabilitasi secara total menyeluruh dan adil

Dengan demikian, konsep pendidikan Papua yang membebaskan sudah semestinya dijadikan sebagai sebuah sistem pendidikan Papua bagi generasi bangsa ke depan oleh karena itu, sistem pendidikan Papua yang membebaskan menjadi tempat yang leluasa bagi generasi bangsa untuk membentuk integritasnya dan dengan segala potensi dirinya guna menciptakan Papua, tanah damai dan sejahtera

Diplomasi Pendidikan

Guna menciptakan Papua, Tanah damai dan sejahtera, generasi bangsa West Papua sebenarnya disekolahkan di luar negeri. Pemerintah provinsi Papua, Papua Barat dan pemerintah Jakarta (baca pemerintah) mesti  perlu melalukan diplomatis pendidikan untuk generasi bangsa Papua dengan pemerintah internasional di luar negeri.

Melalui diplomasi pendidikan Papua yang membebaskan, pemerintah membuka kesempatan yang leluasa bagi putra-putri asli Papua dan Papua Barat agenda ini teramat penting dan baik karena anak-anak asli Papua punya hak asasi atas pendidikan di luar negeri.

Sesuai nilai kodrat kemanusiaannya, mereka ini punya hak untuk memperloleh pendidikan di luar Negeri pendidikan di luar negeri itu justru merupakan kesempatan emas untuk membentuk integritas generasi bangsa Papua.

Perjuangan dipolomasi pendidikan di luar negeri merupakan bagian integral dari agen damai di Papua. Karena agen dipolomasi pendidikan adalah syarat utama pembangunan perdamaian dan kesejahteraan rakyat Papua.

Kondisi Papua yang penuh dengan konflik dan masalah dalam berbagai aspek dapat didongkrat dengan berbagai kebijikan pembangunan yang komprehensif, kontekstual dan manusiawi hanya jika Papua ini kemudia akan dibangun oleh anak-anak Papua yang sudah mengikuti proses pendidikan yang sedimikian tersebut.

Maka anak-anak asli Papua mesti  distudikan di luar negeri mulai dari SMP sampai perguruan tinggi.

( Musa Boma )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here