Tanam Padi Dengan Transplanter Bersama Personel Koramil 07/Maos

0
40

Cilacap – Zonadinamika.com. Balai Pembibitan Pertanian desa Maos Kidul, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Maos sudah mulai beranjak modern. Untuk menanam padi, mereka kini mengunakan mesin tanam padi (Transplanter) bantuan dari Kementerian Pertanian RI.

Personel Babinsa Koramil 07/Maos, Kodim 0703/Cilacap yang dipimpin oleh Bati Tuud Pelda Ahlan turut serta membantu‎ Balai Pembibitan serta para petani mengoperasikan mesin yang efektif untuk menghemat tenaga dan biaya tersebut.

Hasilnya, untuk menanam padi di hamparan sawah seluas satu hektar hanya dibutuhkan waktu selama 4 jam saja.”Bantuan mesin Transplanter ini sangat meringankan beban dan membantu petani nantinya dalam menanam padi,”ungkap Pelda Ahlan, Selasa (14/11).

Dia menjelaskan, dengan menggunakan mesin Transplanter, selain lebih efisien tenaga dan waktu juga membuat tanaman padi rapi, sebab secara otomatis mesin bekerja sendiri untuk memisah-misah bibit dengan garis yang sama dan jumlah yang sama pula.”Mesin Transplanter yang sampai saat ini kita dapat

kita turunkan ke sawah guna mempercepat musim tanam bulan November. Untuk mesin Transplanter di Desa Maos Kidul sudah mencukupi, paling tidak bergantian dalam penanaman dengan mesin tanam padi Transplanter.” Terangnya.

“Kalau manual menggunakan tenaga manusia dengan tenaga puluhan  orang butuh waktu satu hari, kalau manual memmbutuhkan biaya yang tidak sedikit, kalau pakai mesin paling tidak separuhnya lebih irit dan evisien dalam tanam perhektare,” imbuhnya.

Serda Tofik Babinsa Desa setempat mengaku, apa yang diberikan anggota TNI sangat membantu dan memotivasi petani untuk ikut mendukung dalam mensukseskan swasembada pangan.

Perkembangan teknologi pertanian seperti halnya mesin transplanter (mesin tanam padi) yang diberikan oleh Kementan, sudah tidak menjadi kendala bagi petani dalam pengoperasian usai mendapat arahan dari anggota TNI Koramil Maos.

“Semula warga yang masih memakai cara manual dalam menanam padi (Tandur), kini dengan adanya bantuan mesin transplanter menjadi hal yang baru dalam penanaman padi bagi petani di di wilayah Koramil 07/Maos.” Jelas Serda Tofik. (Sty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here