Launching BSPS, Pamsimas dan Kotaku Lampung Utara

LAMPUNG UTARA-Zonadinamika.com. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman(Disperum dan KP) Launching program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya(BSPS) Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat(PAMSIMAS) infrastruktur berbasis masyarakat kota tanpa kumuh(Kotaku).

Kepala Disperum dan KP Lampura H.Zulkifli Mihsan menjelaskan, tujuan diadakannya Launching BSPS, Pamsimas dan Kotaku adalah agar terbangunnya rumah layak huni. Kemudian infrastruktur perumahan dan permukiman tampa kumuh serta penyediaan air minum dan sanitasi yang bersih, sehat, serasi dan teratur serta berkelanjutan.

Pada program kegiatan BSPS perbaikan kualitas rumah tidak layak huni dilaksanakan di 3 Kecamatan  dan 11 Desa/Kelurahan. Lalu pada program kegiatan PAMSIMAS dilaksankan di 12 Kecamatan dan 15 Desa/Kelurahan di Lampura. Lalu pada program kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat(IMB) Kotaku dilakukan di tiga Des/Kelurahan di Lampura.

” Program BSPS ini di lokasikan di Kelurahan Sribasuki 43 unit, Sindang Sari 50 unit, Cempedak 45 unit, Rejosari 35 unit. Kemudian Kotabumi Tengah 43 unit, Bojong Barat 40 unit, Sumber Arum 40 unit, Kota Alam 40 unit, Tanjung Senang 40 unit, Tanjung Aman 22 unit dan Candimas 40 unit,”terang Zulkifli Mihsan, kemarin(3/8).

Dikatakan Zulkifli Mihsan, besaran bantuan pembangunan fisik program BSPS tahun 2017 bersumber dari Dana Alokasi Khusus(DAK) tahun anggaran 2017 untuk 435 penerima batuan sebesar Rp 6.525.000.000. Dengan jumlah bantuan untuk satu calon penerima bantuan sebesar Rp 15.000.000. Da saat ini sudah terealisasi sebanyak 133 unit sesuai dengan mekanisme Juknis pelaksanaan DAK tahun 2017. Sementara untuk program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat terletak di Desa Sumber Arum, Sawo Jajar, Mulang Maya, Bumi Ratu, Pungguk Lama, Ulak Rengas, Pekurun Udik, Kembang Gading, Negeri Sakti, Gunung Sari, Tanjung Raja, Sinar Jaya, Kembang Gading.

Cempaka dan Desa Lepang Tengah.” Besarnya bantuan Pamsimas bersumber dari APBN dan APBD Lampura tahun anggaran 2017 untuk 12 Kecamatan dan 15 Desa sebesar Rp 3.675.000.000 dengan jumlah bantuan sebesar Rp. 245.000.000. Dan untuk Kotaku terletak di Kelurahan Kotabumi Pasar, Kotabumi Tengah dan Sindang Sari  Dengan jumlah bantuan sebesar Rp 350.000.000,”terangnya.

Ditempat yang sama Bupati Lampura Hi. Agung Ilmu Mangkunegara menuturkan,  dari sekian bantuan yang di geleontorkan, baru hari ini(kemarin, Red) ia di doakan oleh masyarakat karena sudah membantu rakyat.” Hari ini(Kemarin, Red) saya menemukan hal-hal yang berbeda dan luar biasa.lupakan politik, saat ini berbuat untuk masyarakat Lampura,”tuturnya.

Bupati menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat tau berbagai perubahan nyata sudah dirasakan oleh masyarakat.

Tidak semua Kabupaten mendapatkan bantuan ini dan berkat perjuangan bersama Lampura menjadi Kabupaten terbanyak yang mendapat bantuan dari Kementrian PUPR.” Bantuan rumah diberikan sebesar Rp 15 juta, namun itu tidak diuangkan, semua diberikan barang seperti bata, semen, pasir dan lainnya. Memperoleh bantuan ini membutuhkan pengorbanan dan proses. Saat ini kita sedang mengusulkan 17000 rumah baik dari APBD, APBD Provinsi maupun APBN mudah-mudahan semua bisa tuntas,”pungkasnya (tama)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan