Menuju Dogiyai Bahagia, Dumupa: Jangan Lestarikan Masalah Di Tengah Masyarakat

0
81
Yakobus Dumupa ketika didatangi Plt. Bupati Dogiyai, Herman Auwe di kediamannya Idakebo, Kamuu Timur – IST

DOGIYAI-Zonadinamika.com – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dogiyai periode tahun 2017-2022 hingga kini masih menyisakan masalah walaupun telah menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon (Paslon) yang meraih suara terbanyak tingkat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten Dogiyai , Rabu, (22/02/2017) lalu.

Masalah tersebut berkaitan dengan ketidakmauan dan ketidakmampuan menerima hasil oleh sebagian pasangan calon. Oleh karena itu, mereka menghendaki penyelesaian melalui jalur hukum, yakni lembaga peradilan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI).

Bupati Dogiyai Terpilih periode 2017-2022, Yakobus Dumupa, S.IP mengakui, pihaknya masih tetap menghargai upaya yang dilakukan ini. Sebab, bagi Dumupa nanti aturan perundang-undangan dan hakim Mahkamah Konstitusi yang memutuskan apakah perkara sengketa Pilkada ini layak dilanjutkan atau dihentikan melalui Putusan Dissmisal (putusan sela).

“Kita harus berupaya agar tidak menciptakan dan tidak boleh melestarikan masalah di tengah masyarakat Dogiyai. Tapi, masalah adalah konkuensi dari kehidupan. Setiap orang yang hidup pasti menghadapi masalah. Manusia selesai menghadapi masalah apabila telah meninggal dunia,” ungkap Yakobus Dumupa, Kamis, (02/03/2017) di Jayapura.

Karena itu, kata mantan ketua Pokja Adat MRP ini, bahwa masalah harus dipandang sebagai hal yang wajar. Tetapi bukan berarti masalah harus diciptakan secara sengaja kemudian dilestarikan.” Kita harus berupaya agar tidak menciptakan dan melestarikan masalah,” ujarnya.

“Dan sekalipun kita menciptakan masalah, kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya. Untuk itu, hati nurani dan akal sehat harus difungsikan semaksimal mungkin dalam menghadapi masalah dalam kehidupan,” bebernya.

Dumupa yang berpasangan dengan Oskar Makai ini mengharapkan, mereka yang merasa masih bermasalah dapat menyadari dan ‘kembali ke jalan yang benar’.

“Selanjutnya, saya harap semoga semua pihak di Kabupaten Dogiyai bersatu padu berjuang untuk mewujudkan Dogiyai Bahagia,” imbuhnya. (AB)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here