Sudin Pertamanan Jakut Cek RTH Jadi Kandang Ayam

0
217

Jakarta -Zonadinamika.com. Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Pemakaman Kota Administrasi Jakarta Utara (Jakut) akan mengecek kepemilikan lahan sepanjang 300 meter di bantaran Kali Betik, Komplek Pertamina Jalan Kelapa Puan,‎ RW15, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Hal tersebut dilakukan setelah beberapa oknum ‎warga sekitar menggunakan lahan, yang seharusnya merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) tersebut, sebagai kandang ayam dan kandang burung merpati.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Administrasi Jakarta Utara Yati Sudiharti ‎mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan dari masyarakat sekitar bahwa ada lahan pertamanan yang dijadikan sebagai kandang unggas.

“Saya sudah turunkan tim pengawas jalur hijau ke lokasi yang dimaksud untuk mengecek keberadaan taman yang dijadikan kandang,” ujar Yati kepada SP, Jumat (9/10).

Menurut Yati, keberadaan jalur hijau tersebut selama ini memang belum diketahui kepemilikannya‎ apakah milik Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Utara atau milik Pelindo II yang memiliki area training bagi pegawainya.

“Kami cek lebih dahulu apakah itu milik kita atau bukan, kalaupun memang milik perusahaan tersebut apakah sudah ada diserahterimakan dengan Pemprov DKI atau belum,” kata Yati.

‎Sementara itu, Lurah Tugu Utara Nandang Hidayat‎ mengemukakan akan melakukan sosialisasi kepada warga pemilik kandang di taman tersebut dan mengutamakan komunikasi terlebih dahulu.

“Untuk pengerahan Satpol PP itu option terakhir bila dari pihak pemilik rumah tidak menghiraukan himbauan kami,” katanya.

Salah satu warga sekitar Busin Manurung (64)‎, mengatakan keberadaan kandang ayam tersebut semakin lama semakin banyak sehingga menganggu. “Baunya itu loh enggak tahan, apalagi jarang dibersihkan sama yang punya kandang,” ujar Busin, Jumat (9/10) pagi.

Warga lainnya, Ewilda (58), mengemukakan seharusnya pemilik rumah tersebut tidak boleh membuat kandang di luar tanah miliknya dan harus menaati fungsi lahan sesuai peruntukan.(B1)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY