Perayaan Pesta Bona Taon Raja Sirait Di Top 100 Tembesi Berlangsung Meriah

0
545

pests

BATAM-Zonadinamika.com. Setiap tahunnya suku Batak yang berdomisili di kota Batam merayakan ulang tahun bona taon sebagai wujud menjalin hubungan silahturahmi rasa persaudaraan di tahan perantauan.Hari ini tanggal 22-03-2015,punguan marga Raja Sirait,boru ,bere dan ibebere sekotamadya Batam kembali merayakan ulang tahun yang berlangsung hikmat.

Meski dalam situasi acara tersebut sempat membuat keteganggan sesama anggota kumpulan di sebabkan adanya gangguan jaringan listrik hampir 2(dua) jam dari menejemen Top 100 tembesi, sesama anggota kumpulan tetap bersemangat.Tidak lama kemudian karena punguan marga Raja Sirait di kota Batam di bekali berbagai keahlian dan skill di kelistrikan kendala itupun bisa di atasi bersama teknisi Top 100 hingga acara demi acarapun bisa berjalan dengan baik.

Dalam acara tersebut bukanlah hanya sekedar perayaan pesta Bona Taon ,turut juga di mamfaatkan sebagai momen ibadah bersama sesama anggota pungguan di seluruh kota Batam.Tidak hanya itu acara pesta Bona Taon Sirait juga sebagai momen pergantian kepengurusan BPH Pusat serta pelantikan ketua-ketua sektor(wilayah dapil)maupun pengukuhan anggota baru yang barada di 12 wilayah seluruh sektor kota Batam.

Jumlah punguan marga Sirait boru,bere ibebere patutlah di pertimbangkan,jumlahnya hampir mencapai 700 kk yang berdomisili di kota Batam.Tentu membludaknya angka pertumbuhan jumlah anggota ini bukanlah semata-mata anak perantau melainkan sebagian lagi memulai usaha bisnisnya yang mana kota Batam adalah kota industri yang sangat menjanjikan.

Tuan rumah pesta Bona Taon yang saat ini di ambil alih sektor Dapur 12 mengatakan “persiapan kami sebagai tuan rumah pesta bona taon punguan marga Sirait,boru,bere ,ibebere sebelumnya jauh lebih awal sudah di persiapkan.Memang ada kekurangan dari berbagai hal apalagi menyangkut komsumsi makanan yang sempat hampir terjadi kekurangan,itupun sudah teratasi secepat mungkin dengan kerjasama anggota punguan.

Wajar hal itu terjadi karena jumlah yang di prediksikan dari rapat awal berbanding jauh dari jumlah yang datang saat ini.Dari rapat awalkan komsumsi yang harus di sediakan 700 orang,ternyata pada hari pesta jumlah anggota yang hadir pada pesta bona taon yang menghadiri hampir 3x lipat ,wajar terjadi kekurangan komsumsi makanan ,tetapi semua bisa di atasi berjalan dengan baik.Untuk tahun ini sesuai dengan keputusan rapat bersama bahwa segala biaya pesta bona taon tidak di pungut atau di bebankan dari anggota melainkan dari kas punguan marga Sirait sekotamadya Batam,jelasnya.

Baster Sirait salah satu tokoh Marga Sirait mengatakan Perayaan pesta Bona Taon Raja marga Sirait-boru-bere –ibebere sangatlah tergolong unik ,di sinilah kita melihat suasana adat Batak.Antara totor hula-hula ,boru dan ibebere saling mengambil posisinya turut memberikan sumbangsinya dengan rasa bersaudaraan demi kasih dalam Tuhan .

Lahirnya perkumpulan marga Raja Sirait di tegaska tidak ada perbedaan ekonomi antara sikaya dengan simiskin ,karena semua sama haknya sesuai dengan kewajiban yang di berikan dan mengacu kepada anggaran dasar dan rumah tangga pungguan marga Sirait sekota Batam.Acara Bona taon Raja Sirait tidak pernah di mamfaatkan untuk kepentingan politik,seperti mengundang para calon kandidat yang akan pertarung di pilkada maupun pilgub nantinya, jika hal itu di lakukan akan menimbulkan kesalahpahaman sesama anggota punguan.

Punguan Marga Sirait dari dulu sampai sekarang komitmen tidak pernah mentradisikan hal seperti itu,yang terpenting rasa persaudaraan dan kebersamaan itulah yang kita tanamkan dari kita untuk kita,jelasnya.

Suasana acara pesta bona taon Raja Sirait,boru ,bere dan ibebere terihat meriah ,di mana dalam acara tersebut mempertujukkan tortor yang saling bergantian,bahkan para muda mudi naposo dan anak-anak Sirait ikut memeriahkan acara tersebut.Untuk penggalangan dana pihak panitia pesta Bona taon turut membuat berbagai kegiatan mulai dari pelelangan bahkan luky drow.SS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here