Kelurahan Lebak Bulus Kembangkan Kelas Perempuan

0
216

Lebak_Bulus

Jakarta, Zona Dinamika.com

Upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengembangkan usaha masyarakat telah dilakukan melalui beberapa cara. Salah satunya adalah dengan dibukanya kelas-kelas ketrampilan khusus warga perempuan di Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Kelas ketrampilan ini dimulai Maret 2013.

Kelas-kelas yang dibuka telah disesuaikan dengan peminatan warga, antara lain kelas memasak, kelas membuat souvenir serta kelas payet, yang mendatangkan disainer dari Yani’s Wedding Centre Lebak Bulus. Kelas-kelas ini dibuka setiap 2 minggu sekali di ruang pola lantai 3 kelurahan.

Menurut Rahayu Ningsih, Kepala Seksi Perekonomian Kelurahaan Lebak Bulus pihaknya telah mengkomunikasikan kelas-kelas ketrampilan ini kepada RT dan RW namun dari 100 warga yang datang, yang serius menekuni ketrampilan ini hanya beberapa orang saja.” Yang muncul berapa orang. Tapi kemudian tereleminir dengan sendirinya. Dari situ kita tahu, apa bakat orang itu. Kita akan tahu siapa yang benar-benar berminat dari sekian banyak orang. Saya biarkan mereka benar-benar fokus pada minatnya dulu. Nanti kalau sudah fokus, rencananya 1 orang itu akan bertanggung jawab atas produknya. Bila ada transaksi akan langsung berhubungan dengan dia.“

Pihak kelurahan juga berusaha membantu permodalan para peserta yang benar-benar ingin mengembangkan usahanya dengan menghubungkan peserta dengan pihak bank dan asuransi, diantaranya Bank DKI dan Bank BRI. Untuk pemasaran, rencananya peserta yang telah berhasil mengikuti kursus di kelurahan ini akan diikutkan dalam bazar dan pameran. (Bud)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here