Menyambut HUT-RI Ke-72,Kasi Tratib Rengasdengklok Simbolis Terima Bingkisan Sampah

0
21

Karawang,zonadinamika : Sehari menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) yang ke-72 .Forum Pecinta Linkungan Hijau Karawang,menggelar acara bersih-bersih lingkungan dari sampah yang menuju rumah sejarah Rengasdengklok.Rabu (16/8/2017).Suatu gerakan yang sangat langka ditemukan di negeri ini,khususnya di wilayah Kabupaten Karawang dalam menyambut Hari Kemerdekaan.

Gerakan yang di komandoi oleh H.wahyudin selaku Ketua Perkumpulan Lembaga Pencinta lingkungan Hidup Nusantara (PLPLHN) .Mengajak para aktivis dari kalangan kuli tinta yang ada di daerah Rengasdengklok, memungut sampah yang dibuang sembarangan oleh warga di sekitar Tugu Kebulatan Tekad.Gerakan ini bertujuan agar tingkat kepedulian Muspika dan masyarakat tinggi,dari mulai mencegah serta tidak lagi membuang sampah yang bukan pada tempatnya.

Menurut Wahyudin,gerakan ini selain gerakan sosial juga sebagai gerakan moral.Dan gerakan ini sesuai dengan motto kabupaten karawang yang dipimpin Cellica Nurachadiana sebagai Bupati.Karawang Indah,Tertib,Aman dan Bersih (KARAWANG INTERASIH).Misi nya Bupati juga yang ingin Mewujudkan Kabupaten karawang yang asri dan Lestari.” Gerakan ini murni dari keinginan kami sendiri atas dasar peduli lingkungan yang bersih,serta modalnya pun dari kantong sendiri.” Tuturnya pada zonadinamika,Rabu (16/8/2017).

Dijelaskannya juga,dalam menyambut dan merayakan Kemerdekaan Republik ini bukan dengan kemeriahan yang sifatnya hura-hura semata.Tapi galakan juga dengan gerakan sosial dan moral dalam menyambut kemeriahan HUT-RI yang ke-72 ini. Memungut sampah bukan kerjaan orang hina,tapi yang hina itu adalah orang yang membuang sampah bukan pada tempatnya.

” Selain lingkungan bersih dari sampah,kita juga bisa memanfaatkan sampah tersebut menjadi sesuatu yang berguna seperti menjadikannya kompos.Sampah tidak selalu kita bakar yang asapnya menjadi polusi,tapi kita ciptakan karya dari sampah sehingga sampah bisa menghasilkan uang.” Jelasnya.

Untuk itu,lanjutnya.Pemerintah dalam hal ini Pemda karawang harus bisa menciptakan suatu inovasi,bagaimana sampah bukan lagi suatu yang menjijikkan tapi bisa mensejahterakan masyarakatnya. “ Harapan saya pemerintah daerah melalui OPD nya,bisa menciptakan mesin untuk mendaur ulang berbagai macam sampah menjadi bermanfaat.” Pungkasnya.

Sementara Kepala seksie Trantib Pol.PP Kecamatan Rengasdengklok Junaedi.S.Pd sangat bangga dengan gerakan ini.Dia mengatakan gerakan yang dilakukan dalam menyambut kemerdekaan  dengan memungut sampah sangat jarang terlihat.Mudah-mudahan gerakan ini berjalan abadi dan sukses.” Kami sangat mengafresiasi sekali gerakan ini,kami juga sudah memberikan himbauan pada masyarakat diwilayah kerja kami untuk tidak membuang sampah di pinggir jalan.Terkait sanksi kami menunggu Perdanya.” Ujarnya,saat dijumpai dikantor Kecamatan rengasdengklok. (Haris/Wasim)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY