Pendidikan Anak Usia Dini Harus Memenuhi Lima Unsur

0
72

LAMPUNG UTARA-Zonadinamika.com. Dalam pola pendidikan anak usia dini harus memenuhi lima unsur wajib sempurna hak dasar anak usia dini yang dilaksanakan oleh para orang tua. Dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa yang pandai, cerdas dan pintar sehingga dapat diandalkan menggantikan para pemimpin bangsa kedepannya.

Hal tersebut dikatakan oleh salah seorang anggota LPAI Provinsi Lampung, Joko Sutrisno, yang bertindak sebagai pemateri dalam acara parenting PAUD di Kecamatan Abung Semuli yang dipusatkan di Desa Semulijaya, Lampung Utara, Rabu (13/9).

“Kelima unsur tersebut ialah, semangat dan keinginan anak, mental, emosi dan terakhir adalah IQ (indeks memori daya ingat). Kelima unsur tersebut tidal boleh dikesampingkan dan tidak boleh ditawar-tawar lagi. Bila tidak, akan memberikan hasil yang kurang maksimal,” kata dia.

Menurut Joko, pola pendidikan bagi anak harus dipersiapkan sejak dini melalui lima unsur wajib sempurna hak dasar anak harus melalui enam metode. Yang dapat menghantarkan anak-anak usia dini menjadi pribadi cerdas, pintar dan pandai. Bukannya yang lelet, sehingga dapat diandalkan menjadi pengganti para pemimpin negeri ini yang telah beranjak tua.

“Pola pendidikan sendiri ada enam, yaitu menentukan mimpi, diperjelas mimpinya, menguji mimpi tersebut, menentukan alat yang dipakai. Serta fokus pada tujuan awal,”terangnya.

Dijelaskannya dengan adanya pola demikian yang diterapkan dalam masing-masing keluarga, dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang mumpuni. Dalam jangka 10-15 tahun, hasilnya akan terlihat. Baru kemudian ditentukan tolak ukurnya untuk mengetahui kelemahan-kelemahan terhadap pola yang telah diterapkan tersebut.

“Jadi lima unsur wajib sempurna hak dasar anak usia dini ini, harus diberikan para orang tua kepada anaknya. Tidak boleh ada yang tertinggal satupun, sebab, bila itu terjadi makan akan mengurangi esensinya yang timbul kemudian,”tambahnya.

Hal itu diamini oleh Bunda PAUD Lampura, Endah Kartika Praawati Agung. Menurutnya, dengan telah diterapkannya metode pendidikan anak di masing-masing keluarga sejak dini akan memberikan dampak positif dalam tumbuh kembangnya.  Sehingga cita-cita pemimpin bangsa dalam mewujudkan generasi emas dimasa yang akan datang dapat lebih maksimal hasilnya.

“Ini adalah tujuan utama, yakni menyambungkan antara pola pendidikan yang diberikan kepada anak pada jenjang sekolah formal dan di keluarga. Sebab, waktu anak yang paling banyak adalah di keluarga. Kalau keduanya nyambung maka hasil kedepannya yang dapat dipetik dapat lebih baik lagi,”kata dia.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan yang pertama dilaksanakan di kecamatan. Melihat antusiasme para orang tua mengikuti acara dan dampak positifnya, pihaknya akan mengadakan secara rutin acara itu sampai seluruh kecamatan di wilayah Lampung Utara.

“Rencanan kita akan digilir, sampai seluruh kecamatan yang ada di kabupaten tercinta ini melaksanakannya semua,”pungkasnya.(andri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here