Dalam Munas BPL dan PB HMI Hasilkan Perubahan SC Menjadi TOT

JAKARTA-Zonadinamika.com. Musyawarah Nasional (Munas) Badan Pengelola Latihan (BPL) Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) terakhir menghasilkan perubahan nama dari Senior Course (SC) menjadi Training Of Trainer (TOT) yang merupakan salah satu Training informal di HMI yang diselenggarakan oleh BPL HMI tingkat cabang. Pelatihan ini ditujukan kepada kader-kader HMI yang berminat menjadi Instruktur dalam pelatihan formal di HMI seperti Basic Training, Intermediate Training, dan Advanced Training.

Hal inilah yang menjadi dasar atau inspirasi salah satu kelompok KKN UIN Jakarta tahun 2017, yaitu kelompok 13 KKN UIN Jakarta tahun 2017 yang melakukan tugasnya di Desa Bojongloa, Cisoka Kabupaten Tangerang. Kelompok KKN 13 UIN Jakarta membuat sebuah kegiatan bertajuk Workshop yang bernama “Training Of Trainer tentang Strategi Pembelajaran”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017 di Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nurul Hidayah yang berlokasi di Desa Bojongloa, Cisoka Kabupaten Tangerang. Kegiatan Training Of Trainer  kali ini sasarannya adalah para guru yang sudah menyatakan dirinya siap untuk mendidik para siswa/i untuk menjadi perubah bangsa Indonesia.

Menurut W. James Popham dan Eva L. Baker dalam bukunya Teknik Mengajar secara Sistematis mengatakan bahwa, pendidikan pada hakikatnya mempunyai tiga unsur; pengajaran, pembimbingan dan pelatihan. Pengertian ini memungkinkan pekerjaan sebagai guru ada tiga hal: mengajar, membinbing dan melatih.  Sebenarnya ketiga aspek ini juga merupakan penjabaran dari tiga ranah pendidikan yang disebut Taksonomi Bloom yang dikemukakan oleh Benjamin S. Bloom yakni Kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Pengajaran memungkinkan terjadinya sebuah proses tranfer of knowledge, bagaimana membuat siswa mempunyai bekal pengetahuan yang kelak dibutuhkan dalam kehidupannya. Pembimbingan dimaknai sebagai proses penanaman nilai, norma, atau etika yang menjadi sandaran siswa dalam bertingkah  laku. Pelatihan sebagai bagian integral dari unsur pendidikan diharrapkan menghasilkan siswa, alumni, atau output yang mengantongi berbagai bekal keterampilan yang akan menunjang aktifitasnya kelak di masa depan.

Kegiatan Training Of Trainer tentang strategi pembelajaran pesertanya berasal dari SDS Nurul Hidayah sebagai tuan rumah, SD Insan Handayani, MI Bani Asyfa, dan SMP Antariksa Global yang masing-masing mengirim delegasinya untuk mengikuti kegiatan traing kali ini.

Pemateri yang dihadirkan dalam acara tersebut adalah para trainer yang memang sudah sering menjadi trainer para guru dari tingkat SD, SMP hingga SMA. Para trainer yang hadir sebanyak 3 orang adalah Tanenji, MA, Achmad Istikhory Yahya, S.Pd.I dan Amalia, M.Pd. Para trainer tersebut melatih para guru dengan keikhlasan tanpa meminta biaya sepeserpun, semuanya dilakukan hanya untuk kepentingan sosial.

Dalam kegiatan workshop tersebut diberikan beberapa metote pembelajaran aktif, yaitu The power of two, Snow Balling, Small Group Discussion (SGD), Numbered Head Together (NHT), Every One is a Teacher Here dan Talking Stick, Critical Incident, Card Sort, Team Quiz, Concept Map, Active Debate, Jigsaw, Asosiasi, Poster Comment, Call on The Next Speaker, Poster Session, Chat Talk, Index Card Match, Bertukar Pasangan, Keliling Kelompok, kancing gemerincing, keliling kelas, Lingkaran Keci Besar (Tari Bambu), Video Critic, One sentence Summary, Planted Question. Semuanya disarikan dan diadaptasi dari buku Melvin L. Siberman yang berjudul 101 strategi pembelajaran aktif. Semua metode ini disampaikan dan dikemas dengan cara yang menarik.

Bagaimanapun peran guru tidak dapat diganti oleh teknologi canggih manapun, karena ada dan banyak hal yang tidat terwakili olehnya. Guru juga sudah seharusnya melakukan perubahan paradigma, karena tanpa perubahan maka sekolah akan tertinggal jauh dengan lingkungan di sekelilingnya. Dengan ini guru diharapkan dapat memberikan dan memunculkan inspirasi kepada murid-muridnya agar para murid memiliki bekal yang hakiki menuju Indonesia baru yang merdeka. (red)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan