SMPN 3 Tirtajaya Memiliki Komunitas Balad Bumi,Bukti Cinta Lingkungan Bersih

0
18

Karawang,Zonadinamika : Seluruh siswa SMPN 3 Tirtajaya Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang,para Dewan guru dan Komite sekolah sangat bangga dengan inisiatif cemerlang H.Dedi selaku Kepala sekolah.Dimana sekolah yang awalnya kumuh,kini bagaikan disulap olehnya menjadi sekolah yang asri  dan menyenangkan.Halaman sekolah ditata dengan berbagai macam tanaman hias,buah-buahan,apotik hidup,budidaya ikan dan kerajinan tangan.

Kreatifitas tersebut kemudian diaplikasikan pada siswa dan dewan guru untuk mencintai lingkungan sekolah yang bersih,nyaman dan tenteram.Untuk menjaga kelanggengan lingkungan sekolah yang bersih tersebut,maka kepala sekolah membentuk wadah yang di namakan Balad Bumi.Pengurusnya dari Dewan guru dan para siswa SMPN 3 Tirtajaya.

H.Dedi saat dijumpai pada acara kemah Pramuka, di Bumi Perkemahan Tirta Bahari Kecamatan Tirtajaya mengatakan.Hasil karya anak didiknya dalam mengelola lingkungan sekolah yang Bersih dipamerkan dalam acara ini.Selain itu, kerajinan tangan dan keterampilan lainnya seperti,pembuatan pernik dari barang bekas menjadi pot bunga.Miniatur rumah,pembuatan terasi,rempah dari apotik hidup dan berbagai jenis tanaman hias serta aneka tanaman buah juga dipamerkan.

“ Kami buka stand dalam acara perkemahan ini,untuk mempromosikan hasil karya dari siswa kami kepada para siswa sekolah lainnya.Tujuannya agar mereka juga bisa termotifasi untuk mencintai lingkungan yang asri dan bersih disekolahnya.” Ujarnya pada zonadinamika,Minggu (13/8/2017).

Dijelaskannya juga,SMPN 3 Tirtajaya mendapat peringkat Pertama dari sebelas sekolah terbaik.Dalam Kategori sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Karawang tahun 2017.Keputusan tersebut tercantum dalam Keputusan Bupati karawang Nomor : 188 / Kep.834-Huk / 2017 yang di tanda tangani oleh Cellica Nurrachadiana.

Ada 6 Divisi dalam Komunitas Balad bumi diantaranya Divisi Pertanian,Divisi Perikanan,Divisi daur ulang,Divisi apotik hidup,Divisi pembuatan Kompos dan Divisi tim pengembang kreasi.Semua siswa berkreasi sesuai Divisinya masing-masing. “ Hasilnya seperti yang kami Pamerkan ini” Pungkasnya, sambil menunjukan benda-benda hasil karya siswanya. (Haris/Wasim)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY