Bupati Kapuas Lepas Taruna SMK 1 Maritim Ke Semarang

0
578

KUALA KAPUAS-Zonadinamika.com. Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat Minggu (22/5)pagi melepas secara resmi 36 taruna dan taruni SMKN 1 (Maritim) Kapuas Kuala untuk mengikuti pendidikan BST (Basic Safety Traning) ke Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yeng berlangsung di rumah jabatan Bupati Kapuas. Dalam kegiatan tersenut Nampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Vitianson,S.Sos,MA. Camat Kapuas Kuala, Camat Tamban Catur, Kasat Polair Polres Kapuas, Kepala Syahbandar Kapuas, Kepala POS TNI AL Kapuas, serta Kepala Sekolah dan Para Guru SMKN 1 (Maritim) Kapuas Kuala.

Kepala Sekolah SMKN 1 (Maritim) Kapuas Kuala Kadani,Spd,Mpd dalam laporannya mengatakan Tujuan mengikuti kegiatan di Politeknik Pelayaran Semarang yakni untuk memperoleh sertafikasi layak berkapal meka pendidikannya sangat penting kerena jika tidak memiliki sertafikat tersebut maka lulusan SMK pelayaran belum bisa diterima diperkapalan. Di ketahui penambilan sertafikat hanya ada di daerah yang jauh dari Kapuas yakni Pulau Jawa, Jakarta, Sulawesi untuk di Kalimantan belum ada, terencana siswa yang berangkat ada 41 Taruna namun karena permaslahan biaya maka hanya 46 taruna yang bisa di berangkatkan dengan pendamping 6 orang.

Lebih lanjut Kepala SMKN 1 Kapuas Kuala menyampaikan Nantinya di semarang para teruna dan teruni serta pendamping akan menggali peluang yang bisa dikerjasamakan dengan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang dan terencana akan mengunjungi pula SMK Pelayaran yang sudah maju di Semarang di sana nantinya akan mempelajari bagaimana mengelola SMK Pelayaran. Kegiatan yang berlangsung 12 hari antinya akan di tampung di asrama dan akan difasilitasi oleh PIP sehingga nantinya pendidikan akan berjalan dengan baik. SMKN 1 Kapuas Kuala yang saat ini perkiembangannya sangat signifikan. beberapa waktu lalu pula di berikan Bupati Kapuas Pelabuhan yang saat ini Masih proses pembangunan.

Ia berharap dengan bantuan pemerintah daerah “semoga sekolah ini menjadi sekolah yang dibanggakan dikapuas kuala, Kabupaten Kapuas dan Kalimantan Tengah.
Di Tempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Vitrianson,S.Sos,MA dalam sambutannya meminta gar para siswa terus bersemangat apa yang didapatkan nantinya aka nada perbandingan keterampilan yang dibekali para guru yang mengerti perkapalan secera praktis dan prektek para siswa sudah mendapatkan tingal menambah dan membendingkan apa yang di dapat saat sekolah dan yang baru di dapat olehpara siswa.

Ia berharap sepulangnya nanti ke Kapuas sudah mendapat kegiatan yang baru dari masing masing siswa sehingga akan memperkaa khasanah teori para siswa Di minta kepad sekolah agar melaporkan kepada dinas pendidikan sehingga kedepan ada perbaikan kurikulum, lebih lanjut ia menyampaikan agar para siswa disiplin dan berperilaku baik di sana.

Di tempat yang sama Bupati Kapuas Ben Brahim s bahat dalam sambutannya menyampaikan SMK 1 Kapuas Kuala adalah SMK 6yang strategis keberadaannya karena hanya ada 1 di Kalimantan Tengah. Kedepannya semakin terbuka peluang untuk para siswa sesuai nawacita Presiden membuka POS Maritim, membuka TOL Laut, yang semua membutuhkan tenaga dari siswa. Begitu pula terbukannya masyarakat ekonomi asean dimana para siswa tidak mesti bekerja di Indonesia tetapi bisa saja bekerja di Negara Negara.

Lebih lanjut pada kali ini para siswa akan berangkat menambah wawasan dan ilmu yang nantinya menjadi modal untuk melaksanakan tugas, bersaing, memperoleh posisi yang diharapkan. jika melanjutkan ke perguruan tinggi sudah disiplin karna kunci kesuksesan menuntut ilmu adalah disiplin.

Kedepan jika ada siswa yang tidak bisa ikut karna kendala agar sekolah melapor dengan dinas pendidikan atau bupati nanti akan di urun rembukan agar bisa berangkat. Bupati berpesan agar menuntut ilmu beljar dengan baik jika da yang tidak dimengerti tanyakan sehingga pulang nenti membawa sesuatu yang lebih dan modal untuk melanjutkan pendidikan seta cita cita.

Di minta pula agar taruna taruni bmenghayati pendangan hidup yakni 4 pilar yang sangat penting di pegang agar kekuatan Negara tetap utuh yakni UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.(angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here