SMKN 2 Kapuas Ubah Barang Limbah Jadi Elektronik

0
282

KUALA KAPUAS – Zonadinamika.com. SMKN 2 Kuala Kapuas sebagai salahsatu peserta Pameran Pendidikan “Kapuas Education Expo 2016” yang digelar di Citimal Kuala Kapuas sejak dua hari lalu, menarik perhatian para pengunjung, karena sekolah yang terletak di alan Pemuda ini memiliki Jurusan Teknis Audio Vido (TAV).

Tingginya minat pengunjung ingin mengetahui temuan ini, menarik perhatian pula Kabag Humaspro saat membuka pameran dan mengundangnya dalam talkshow siaran RSPD Kamis (19/5) mengahadirkan Topan Lawi Guru Bidang Elektro. Topan dalam siaran melalui 91.40 FM ini dengan gamblang menjelasakan bahwa tentang TAV yang mempelajari secara mendasar mengenai elektronik.

“Dalam jurusan ini para siswa dapat mempelajari fungsi dan guna dari komponen elektronik yang nantinya diharapkan para siswa dapat merekayasa elektronik audio bahkan pebaikan servis. Teknik dasar rekayasa audio speker aktif dari bahan bekas seperti paralon serta power bank 15 ampere yang bisa disambungkan langsung ke aki sepeda motor merupakan karya siswa kami” ucap Topan.

Lebih lanjut ia menyebutkan hanya dengan modal 10 ribu power bank sudah bisa digunakan. Juga pipa palaron mampu untuk membuat speker pribadi dengan coloka seperti flashdisk, memori, bahkan dapat dihubungkan ke handphone. Pembuatan karya yang memanfaatkan barang bekas tersebut adalah 90% karya para siswa siswi SMKN 2 Kapuas dan 10% bimbingan dari guru. Power bank dan speker aktif yang dipamerkan distand yang ada di Citi Mall hanya dibuat dalam waktu dua hari oleh para siswa siswi SMKN 2 Kapuas.

Menjawab pertanyaan pendengar setia RSPD Kapuas, Topan mempersilakan mengunjungi stand pameran yang akan berlangsung selama lima hari kedepan. “Kami persilakan juga untuk bertandang ke sekolah kami yang terletak diseberang Polres Kapuas.

Kami siap membentuk para siswa dan siswi agar untuk siap terjun ke masyarakat serta mampu bersaing dalam dunia kerja bahkan mampu untuk membuka lapangan kerja terutama untuk diri sendiri seperti membuat jasa servis ataupun membuat alat baru karena sekolah sudah memberikan pelajaran mendasar dalam bidang teknis audio video itu sendiri, juga menyampaikan rencana sekolah yang ingin ikut ajang kopetensi untuk melihat mutu kualitas para siswa siswi baik itu didalam ataupun diluar daerah” ucap Topan (angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here