Ujian Nasional 2015,Tidak lagi Menjadi Syarat Kelulusan

0
313

FOTO UJIAN  EDITTangerang,zonadinamika Online.Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, Ujian Nasional (UN) tahun 2015 ini tidak lagi menjadi syarat kelulusan bagi para siswa, tapi digunakan untuk memetakan mutu dan program satuan pendidikan dasar seleksi masuk jenjang berikutnya, serta pembinaan dan pemberian bantuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Ujian nasional (UN) akan diselenggarakan pertengahan April 2015, khusus untuk wilayah Provinsi Banten, naskah soal telah tercetak 91,5 persen, untuk jenjang Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK).
Data yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kamis (19/3) pagi, menyebutkan target naskah soal yang dicetak sebanyak 505 ribu eksemplar (eks) untuk SMA dan SMK 204 eks.
Sementara realisasinya (yang telah dicetak), untuk SMA 460 ribu eksemplar atau 91,1 dan SMK 189 eks atau 92,6 persen. Sedangkan naskah soal UN untuk jenjang SMP yang targetnya 890 ribuan belum terealisasi.

Mendikbud, Anies Rasyid Baswedan, Ph.D, yang pada Rabu (18/3) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke perusahaan percetakan. Tujuan sidak karena memastikan bahwa salah satu komponen penting dalam pelaksanaan UN yakni pencetakan naskah soal UN berjalan dengan baik.

Dalam skala Nasional, Jumlah peserta UN sebanyak 7,3 juta siswa, terdiri atas 3.773.372 siswa SMP; 1.632.757 siswa SMA; 1.171.907 siswa SMK; dan 632.214 siswa pendidikan kesetaraan (Paket B dan Paket C).
Sementara pencetakan naskah tahun ini berjumlah 35 juta eks, yang akan didistribusikan ke 50.515 SMP dan 18.552 SMA/SMK

Direncanakan jadwal UN tanggal 13 sampai 15 April 2015 untuk jenjang SMA/MA, SMALB, SMK/MAK, Program Paket C. Sedangkan untuk SMP/MTs, SMPLB, dan Paket B, diselenggarakan 4 sampai 7 Mei 2015.

Selain UN berbasiskan kertas (paper based test), mulai tahun ini juga dilaksanakan UN berbasiskan komputer (computer based tes) yang berlangsung pada 7 s.d. 20 April 2015.
Pengumuman kelulusan UN SMA/MA, SMALB, dan SMK/MAK, Program Paket C pada 15 Mei 2015. Sedangkan untuk jenjang SMP/MTs, SMPLB, SMALB, dan Paket B pengumuman kelulusannya dilakukan pada 10 Juni 2015.

Dalam penyelenggaraan UN kali ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melibatkan 51 perguruan tinggi negeri untuk memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN).
“Tahun ini Perguruan Tinggi Negri hanya dilibatkan sebagai pemantau,” ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nizam, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.
“Pemantau tidak hanya menjalankan tugas saat pelaksanaan ujian namun sejak penyaluran soal ujian nasional. Tugas pemantau juga meliputi pemindaian lembar jawaban ujian nasional” ujarnya

“Kami terus melakukan pemantauan pencetakan naskah soal UN. Kalau ada masalah, kami segera cari solusinya,” katanya
“Pemantau hanya berada di tingkat kabupaten/ kota saja. Tidak sampai ke sekolah seperti tahun lalu di sekolah, dan saya yakin pelaksanaan ujian nasional pada 2015 akan berjalan lancar karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menyiapkannya dengan baik” jelasnya
Tangerang, Jumat 20 Maret 2015
Sementara ditempat terpisah, Delia Suci Audri , siswi SMPN 75 Kebon Jeruk Jakarta Barat mengatakan : “ Sekarang Ujian Nasional sudah tidak menjadi beban yang berat dan menakutkan seperti tahun tahun sebelumnya yang telah dialami oleh kakak-kakak kelas saya, karena saat ini UN bukan lagi menjadi syarat mutlak kelulusan siswa” katanya menutup pembicaraan
( Driatama : dari berbagai sumber)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY