Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Bagikan Dana Pendidikan Bagi Siswa Tidak Mampu

0
276

menteri pendidikan beri bantua siswa.jpg 1KARAWANG,Zonadinamika. Com

Guna mendukung serta mengurangi jumlah siswa putus sekolah akibat permasalahan biaya pendidikan di Kabupaten Karawang, atas dasar itu Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI memberikan perhatiannya berupa bantuan dana pendidikan kepada Pemerintah Kabupaten Karawang, bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI M. Nuh di dampingi Bupati Karawang H. Ade Swara di aula kantor Bupati Karawang pada awal pekan lalu, Program yang dijuluki oleh Kemendikbud yaitu Bantuan Siswa Miskin (BSM) diperuntukan kepada siswa dari keluarga kurang mampu untuk menunjang kegiatan belajar di sekolah, untuk Kabupaten Karawang mendapatkan alokasi dana Rp 41 miliar.

Bupati Karawang dalam penyerahan bantuan tersebut mengucapkan selamat datang di Kab Karawang kepada bapak menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI  M Nuh, para anggota DPR RO komisi XI serta rombongan kemudian Bupati berpendapat “mudah-mudahan pertemuan ini mampu menjadi motivasi tersendiri bagi kami dalam upaya akselerasi program pembangunan bidang pendidikan di kabupaten karawang. terlebih, kehadiran perwakilan dari pihak bpk dan komisi xi pada hari ini diharapkan dapat menjadikan kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi para siswa penerima beasiswa, melainkan juga dapat turut mewujudkan sinergitas diantara berbagai stake holder pembangunan, dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik, efisien, dan akuntabel” Ujar Bupati

Selanjutnya Bupati juga berkata bahwa pendidikan merupakan sektor penting dan sangat berperan dalam pembangunan bangsa, untuk memperbaiki kondisi sekarang, hari esok dan masa depan ke arah yang lebih baik, penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah pusat terhadap siswa kurang mampu, dan diharapkan dapat meningkatkan akses bagi para siswa kurang mampu untuk dapat menikmati pendidikan  yang layak.

untuk itu, Bupati berharap “agar siswa dan orang tua penerima bantuan pendidikan ini dapat digunakan sesuai peruntukan, tepat sasaran dan tepat guna. terus berprestasi, berkarya, berinovatif, berdaya saing dan berkarakter luhur, sehingga pencapaian visi dan misi suatu daerah dapat segera terwujud, khususnya dalam bidang pendidikan” Harapnya

sementara itu Kadisdikpora Kab Karawang ditemui di kantornya menjelaskan Kebijakan BSM tersebut akan terus dilakukan secara kontinuitas hingga perguruan tinggi. Sehingga, bagi siswa SD yang mendapatkan BSM tidak hanya sampai SMP saja, begitu pun dari SMP ke SMA, tapi juga akan terus berlanjut. “Sekarang sistemnya diinterigrasikan bagi siswa yang lulus SD masuk SMP dan SMP ke SMA,” ucapnya.

dijelaskan lebih rinci oleh Kadisdikpora Kab Karawang, jumlah penerima BSM di Kabupaten Karawang, khususnya untuk jenjang Sekolah Dasar sebanyak 5.674 siswa, dengan biaya sebesar Rp 21.938.720.000. Untuk jenjang SMP sebanyak 23.429 siswa, jumlah anggaranya Rp 11.101.600.000. Sedangkan Untuk siswa SMA yang mendapatkan bantuan BSM sebanyak 6.872 siswa, dengan jumlah biaya sebesar Rp 5.447.500.000. “Tak hanya itu, Siswa SMK-pun juga mendapatkan bantuan program BSM dengan biaya sebesar Rp 10.556.200.000, yang di berikan kepada 13.034 siswa,” katanya. (Murilis)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here