Rakor TNI KB Kesehatan Di Dua Kecamatan Batujaya-Pakisjaya

0
59
Jpeg

KARAWANG,zonadinamika.com : Rapat Koordinasi (Rakor)  Keluarga Berencana (KB) Kesehatan tahun 2017 bersama TNI yang di selengarakan oleh Dinas PPKB (Pengedalian penduduk dan Keluaraga Berencana) Kabupaten Karawang yang bertempat di Aula Kecamatan Batujaya  Kabupaten Karawang,Selasa (29/8/2017) dari pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB.

Dalam Rakor KB Kesehatan tersebut di ikuti dua Kecamatan Antara Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Pakisjaya yang di hadiri seluruha kepala desa dari dua kecamatan tersebut dan di hadiri langsung oleh Kabid PPKB kabupaten serta di hadiri langsung oleh Komandan Koramil 0402 Kecamatan Batujaya Kanung,Kapolsek Batujaya AKP.H.Edi Karyadi,Camat Batujaya Rohmana, UPTD PPKB Batujaya Usup Supriadi dan para tamu undangan.

Keluarga Berencana (KB) adalah salah satu upaya mewujudkan Kependudukan Keluarga Berancana (KKB) melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, dan pembinaan ketahanan keluarga yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Tujuan tersebut akan dapat terealisasi melalui upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk sehingga terjadi keseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung, baik yang disiapkan oleh pemerintah maupun yang sudah disediakan oleh alam. Hal tersebut di sampaikan Komandan Koramil 0402 Batujaya Kanung kepada Zonadinamika.com usai rapat, Selasa (29/8/2017) siang.

Ditambahkannya lagi,masih kata Kanung. Kegiatan ini merupakan kegiatan lintas sektoral yang bertujuan sebagai salah satu upaya untuk melakukan penekanan terhadap angka pertumbuhan penduduk diwilayah Kabupaten Karawang, dan meningkatnya kerjasama lintas sektoral,”terkait program TNI-KB-Kes tersebut diharapkan mampu mengendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) di wilayah Kabupaten Karawang”. Pungkasnya

Menurut Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) PPKB Kecamatan Batujaya Usup Supriadi menjelaskan.”Rakor KB-Kesehatan terpadu tahun 2017 melibatkan TNI, karena TNI ini adalah  tutorial yang di Komandoi oleh Kodim dan Koramil pungsi pernya dalam pembinaan tutorialnya bukan arti intervensi dalam program pemerintah. Karena program KB Kesehatan ini yang harus sukses dari program –program lain, perlu diketahui bahwa catatan dari dinas kependudukan Kabupaten Karawang mencapai 2.5 juta jiwa”. Ujarnya

“Data kami PPKB Kecamatan Batujaya ini sudah mencapai 74 % dan Kecamatan Pakisjaya & 75% sudah di lindungi alat Kontrasepsi dari 1000 Pasangan Usia Subur (PUS). 750 PUS sudah menggunakan beberapa jenis alat kontrasepsi dan sudah dilindungi alat kontarasepsi. Karana pasangan KB tersebut dari Pasangan Usia Subur, memang Batujaya –Pakisjaya ini tantangannya  Non MKJP atau masih menggunakan  suntikkan dan pil KB masih di dominasi dengan itu. Tambah Usup usai Rapat di ruangan kerjanya kepada Zonadinamika.com.

Lanjut masih kata Usup, Sedangkan Kebijakan pusat sampai ke daerah harus menggunakan Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). MKJP adalah alat Kontrasepsi yang digunakan menunda,menjarangkan kehamilan serta menghentikan kesuburan yang diguakan jangka panjang yag meliputi IUD Impaln,kenapa harus beralih IUD implant itu bisa mencapai 8 tahun sedangkan suntikan pil harus tiga bulan sekali, menggunakan IUD Implan ini lebih epesien, dan untuk bagi pasangan usia subur untuk laki-laki juga sudah ada sekitar 300 orang yang mengunakan implan dari sepuluh Desa yang di wakili 10 orang setiap Desa nya dari beberapa unsur. Katanya

Usup berharap,bagi yang pasangan Usia Subur Agar beralih ke IUD Implan dan saya yakin program KB di Kecamatan Batujaya ini akan sukses yang di tangan langsung oleh Dinas PPKB Kabupaten Karawang dengan kebijakan Bupati Karawag ini sangat bagus karena beliau sangat konsen termasuk jajarannya di bawah juga konsen. Pungkas Usup Supriadi Kepala UPTD PPKB Kecamatan Batuajaya. (Wasim)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here