STR, Bukti Tenaga Kesehatan Miliki Kompetensi

0
63

DOGIYAI – Zonadinamika.com. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai, Papua melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan, pasal  44 menyebutkan Surat Tanda Registrasi (STR) merupakan bukti tertulis bahwa seorang tenaga kesehatan telah memiliki kompetensi serta kemampuan secara hukum untuk menjalankan praktek. STR diberikan oleh masing-masing Konsil kepada tenaga kesehatan yang telah terdaftar atau teregistras

“Dinyatakan bahwa setiap tenaga kesehatan yang menjalankan praktek wajib memiliki STR. STR berlaku selama lima tahun dan harus diperbaharui (registrasi ulang) dengan memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Dogiyai, Kristianus Tebai kepada media ini, Kamis, (02/03/2017).

Menurut Kristianus Tebai, hal itu dilakukan pasca Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Nila Djuwita F. Moeloek, mencanangkan Re-registrasi online tenaga kesehatan Indonesia  yang disaksikan para peserta Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakekesnas) Tahun 2017 di Birawa Assembly Hall Bidakara Jakarta yang bertajuk, ‘Sinergi Pusat dan Daerah dalam Pelaksanaan Pendekatan Keluarga untuk Mewujudkan Indonesia Sehat’ pada Senin, (27/02/2017) malam.

“Data MTKI menyebutkan, sebanyak 137.478 tenaga kesehatan harus melakukan registrasi ulang di tahun 2017. Jumlah tersebut adalah total STR yang telah diterbitkan pada tahun 2011 dan 2012,” kata Menkes RI, Nila Djuwita F. Moeloek.

Pengajuan STR, ditegaskan Tebai, telah dilakukan secara online dengan difasilitasi Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) sejak 1 Maret 2016 lalu. Maka, hal ini dilakukan agar pengajuan STR dapat lebih mudah dan cepat.

“Setiap MTKP seluruh Indonesia telah mampu melaksanakan proses pengajuan secara online. Re-registrasi Online Nakes Indonesia dapat diakses melalui situs ini.

“Proses Re-registrasi dapat dilaksanakan apabila seorang tenaga kesehatan telah memenuhi persyaratan, antara lain sudah memiliki Satuan Kredit Profesi (SKP) yang ditetapkan oleh masing-masing organisasi profesi yang bisa didapatkan dari lima ranah keprofesian. “Yaitu pembelajaran, profesionalisme, pengabdian masyarakat, publikasi ilmiah, dan pengembangan ilmu,” ucap dia.

Ia mengharapkan, diberikannya kemudahan untuk mengurus STR secara online ini agar semua tenaga kesehatan yang ada di wilayah kabupaten Dogiyai dapat mengurus dan memiliki STR ini. Bagi yang memiliki STR namun masa berlakunya telah habis, kini akan lebih mudah untuk memperpanjang batas kurun waktu STR.

“Caranya mudah, praktis dan fleksibel dengan mengunjungi alamat ini,” singkatnya. (**)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY