Perusahaan terbesar di sumatra PT. IKPP Paksakan Karyawanya Pesiun Dini

0
403

PEKAN BARU SIAK- Zonadinamika.com, di dalam dunia usaha perlu di perhatikan keutungan dan laba yang menghasil,laba dan hasil tersbut akibat adanya pekerja,tanpa pekerja maka perusahaann atau usaha tak mendapatkan hasi sama sekali,karena itu perusahan harus memperhatikan jerih paya dan jasa pekerja bukan hanya mendapatkan keuntungan atau memperkaya diri sendri.

Sepert yang terjadi terhadap Pekerja PT Indah Kiat Perawang yang di tempatkan di seksi SUT atau yang lebih dikenal dengan sebutan Coz Centre 2002 dan telah memasuki usia pensiun dini mengeluhkan dengan adanya unsur paksaan dari pihak perusahaan. Unsur paksaan yang dimaksud adalah bagi pekerja yang telah memasuki usia tersebut, perusahaan memaksa pekerja untuk mengajukan surat permohonan pensiun dini.

Kontan saja pekerja di Seksi SUT terkejut dan merasa diintervensi oleh pihak perusahaan. Akibatnya pekerja merasa resah dengan adanya unsur paksaan tersebut.
Salah satu pekerja di seksi SUT yang tidak mau disebutkan namanya mengakui bahwa usianya sudah memasuki usia pensiun dini. Dan dikarenakan hal tersebut perusahaan memaksanya untuk mengajukan pensiun dini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media, seksi SUT merupakan program baru perusahaan. Pekerja yang di tempatkan di seksi SUT merupakan pekerja dari seksi lain. Mereka (Pekerja,red) dengan kategori berkinerja buruk atau pekerja yang menerima Penilaian Akhir Tahun (PAT) C berturut-turut dalam dua tahun akan dipindahkan atau ditempatkan di seksi tersebut dan beberapa dari pekerja ditawarkan untuk mengajukan PHK.

Pekerja yang telah di tempatkan di SUT akan dikirim dan diipekerjakan kembali ke seksi yang membutuhkan dan setelah seksi tersebut tidak membutuhkan lagi, pekerja ditarik kembali ke seksi SUT. Bahkan apabila tidak ada seksi lain yang membutuhkan, pekerja di seksi SUT melakukan pekerjaan serabutan.

Andre (28) yang merupakan salah satu mantan pekerja Indah Kiat dan pernah dipindahkan ke seksi SUT menuturkan bahwa ia dipindahkan ke seksi tersebut dikarenakan menerima PAT B dan B- dan cuti P1 yang tidak diterima perusahaan.

“Saat itu saya mengajukan cuti P1, namun perusahaan tidak menerima. Padahal saat itu orangtua saya sedang sakit. Dan setelah saya bekerja di seksi SUT, saya diberi kerja serabutan seperti mencabut rumput, mencangkul lahan dan menyapu di halaman pekarangan perusahaan,” ujarnya.

Ketua Serikat Pekerja PK-SBSI Indah Kiat Ridwan mengatakan perusahaan tidak bisa memaksa pekerja untuk mengajukan pensiun dini.
“Jika perusahaan memaksa pekerja untuk mengajukan pensiun dini, laporkan ke kami. kami dari serikat akan pertanyakan ke pihak perusahaan,” tegasnya.

Saat dihubungi awak media, Sabtu (21/05/2015) Humas PT Indah Kiat Perawang Armadi mengatakan terkait pensiun dini pekerja di seksi SUT, perusahaan tidak ada memaksa pekerja untuk pensiun dini.

“Kita tidak ada memaksa karyawan untuk mengajukan pensiun dini,” ujar Armadi.
Armadi menambahkan, sesuai Pasal 50 Perjanjian Kerja Bersama PT IKPP (PKB-PT IKPP) pekerja yang telah mencapai usia 45 tahun atau masa kerja 20 tahun, perusahaan dapat memberikan pensiun dini sepanjang pekerja yang bersangkutan menyetujuinya.

Bagi pekerja yang mengajukan pensiun dini mendapatkan hak yang sama dengan pekerja yang memasuki pensiun normal dan sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku,ungkapya.(aroy Halawa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here