Kekurangan Personil Bea Cukai dan Fasilitas Pengawasan, Penyelundupan Sering Terjadi di Perbatasan

0
637
Pengawasan dari Pihak Bea Cukai Atambua terkait maraknya penyelundupan barang ke Timor Leste nampaknya sudah maksimal, namun masih saja kecolongan, hal tersebut disebabkan karena kurangnya personil bea cukai yang ditempatkan di Pos-pos perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste juga banyak lokasi yang sulit dijangkau.

ATAMBUA, NTT- Zonadinamika.com, Pengawasan dari Pihak Bea Cukai Atambua terkait maraknya penyelundupan barang ke Timor Leste nampaknya sudah maksimal, namun masih saja kecolongan, hal tersebut disebabkan karena kurangnya personil bea cukai yang ditempatkan di Pos-pos perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste juga banyak lokasi yang sulit dijangkau.

Di pos Motaain, Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur, Belu NTT baru-baru ini pihak bea cukai berhasil menggagalkan penyelundupan minyak tanah sebanyak 10 drum lebih yang akan di selundupkan ke Timor Leste.

Jumlah personil yang ditempatkan di Pos Motaain sudah cukup memadai, namun untuk pos lainnya masih kekurangan personil, oleh karena itu pihak bea cukai sering mengirim personilnya untuk membantu pengawasan lalu lintas barang dari Indonesia ke Timor Leste ataupun sebaliknya,” Kata Dimas Arganata pelaksana seksi PLI pada bea cukai Atambua ketika ditemui zonadinamika,Kamis, (19/5/2016).

Pihak Bea cukai menurut Dimas, selalu melakukan pengawasan terhadap lalu lintas barang maupun orang di perbatasan, apabila pihaknya menemukan pelanggaran maka segera melakukan penindakan langsung terhadap para pelaku penyelundupan.

Menurutnya, seringkali pihaknya mengalami kendala karena keterbatasan alat pengawasan dan personil di kawasan perbatasan, tetapi dengan kekurangan tersebut pihaknya dalam menjalankan tugas selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan sehingga kegiatan pengawasan dapat berjalan maksimal.
“Dengan keterbatasan anggota, kami selalu mengirim tim intelijen untuk lakukan pengintaian terhadap proses tindak penyelundupan dan sering lakukan koordinasi yang baik dengan pihak keamanan,” jelas Dimas.

Selain itu, Bea Cukai juga sering mengadakan sosialisasi terkait penyelundupan kepada masyarakat guna memberi pengertian sebab tindakan penyelundupan barang merupakan perbuatan ilegal dan secara hukum merupakan perbuatan pidana. (Nus Feka).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here