Kapuas Lakukan Kerja Sama Pembangunan Wilayah Berbatasan.

0
326

KUALA KAPUAS –Zonadinamika.com. Pemerintah Kabupaten Kapuas selama ini sedang giat-giatnya melakukan kerja sama pembangunan khususnya di perbatasan, baik perbatasan antara Kabupaten Kapuas dengan Kabupaten tetangga dalam wilayah Provinsi Kalimantan Tengah maupun kerja sama antara Kabupaten Kapuas dengan Kabupaten tetangga di luar Provinsi Kalimantan Tengah.

Demikian pula halnya seperti apa yang dilaksanakan antara Pemerintah Kabupaten Kapuas dan Pemerintah Kabupaten Murung Raya dalam pertemuan yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Bupati Murung Raya, Kamis, 12/5 pagi.

Dari Pemerintah Kabupaten Kapuas dipimpin oleh Wakil Bupati Kapuas H Muhajirin yang didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Salman, para Kepala SKPD dan Kepala Bagian di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas, sedangkan dari pihak Pemerintah Kabupaten Murung Raya dipimpin oleh Wakil Bupati Murung Raya Darmaji didampingi Sekretaris Daerah Murung Raya Syarkawi H Sibau para Asisten dan staf ahli Bupati beserta seluruh Kepala SKPD Kabupaten Murung Raya.

Maksud dari kerja sama tersebut adalah dalam rangka untuk meningkatkan kerja sama antara daerah dalam berbagai program dan kegiatan pembangunan serta pemanfaatan dan pengembangan potensi daerah perbatasan, yang mempunyai keterkaitan saling membutuhkan dan kerja sama lintas daerah lainya.

Beberapa ruang lingkup kesepakatan bersama yang dibahas dalam kerja sama meliputi beberapa bidang sesuai dengan kewenangan Kabupaten menurut undang-undang nomor 23 tahun 2014 diantaranya.

Bidang Pendidikan, kesehatan, pertanahan, lingkungan hidup, ketentraman, ketertiban umum dan linmas, perhubungan komunikasi dan informatika, pertanian dan peternakan, perkebunan kehutanan, perikanan, pembangunan sumber daya manusia, perindustrian dan perdagangan, pekerjaan umum dan penataan ruang serta sosial budaya olah raga dan pariwisata.

Ruang lingkup kesepakatan bersama tersebut nantinya akan ditindak lanjuti oleh tim koordinasi kerja sama daerah yang dibentuk olah masing-masing pihak, sedangkan pelaksanaan kesepakatan bersama akan ditindak lanjuti dengan perjanjian kerja sama melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masing-masing setelah mendapat persetujuan dari para pihak dengan tetap didampingi oleh tim koordinasi kerja sama daerah masing-masing pihak.

Pertemuan berlangsung penuh keakrabann dan kekeluargaan dilakukan dengan penyampaian ucapan selamat datang dari Wakil Bupati Murung Raya serta perkenalan dan penyampaian maksud dan tujuan dari Pemerintah Kabupaten Kapuas serta profil Kabupaten Kapuas yang disampaikan oleh Wakil Bupati Kapuas, penyampaian cendera mata dari masing-masing Kabupaten, dilanjutkan dengan paparan oleh Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Kapuas Karolina serta tanya jawab dan diskusi.

Wakil Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Murung Raya atas segala sambutan dan pelayanan yang diberikan kepada rombongan dari Pemerintah Kabupaten Kapuas serta berharap dengan adanya pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan kerja sama yang pada intinya bermanfaat dan menguntungkan bagi kedua belah pihak, sehingga masyarakat yang berada di daerah perbatasan kedua Kabupaten tersebut dapat terlayani serta terurus dengan baik.

Sementara itu ditempat yang sama Wakil Bupati Murung Raya Darmaji dalam sambutan selamat datangnya menyambut baik gagasan dan rencana kesepakatan kerja sama yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas dan akan melakukan pembahasan bersama dengan SKPD terkait, serta melakukan inventarisir desa-desa mana yang berbatasan langsung dengan desa-desa di Kabupaten Kapuas dan merumuskan kesepakatan-kesepakatan yang di sepakati untuk kemaslahatan bersama dan untuk kesejahteraan rakyat khususnya masyarakat di daerah perbatasan ke dua Kabupaten tersebut. (Angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here