PNS Disnaker Jadi Tersangka Korupsi

0
404

SURABAYA – Zonadinamika.com-Kejari Tanjung Perak kehilangan jejak Siswo Apriatmono, tersangka kasus dugaan korupsi pelatihan otomotif di Disnaker Surabaya. Tim kejaksaan tidak menemukan keberadaan PNS Disnaker itu saat akan menjemput paksa di rumahnya di Jalan Dukuh Kupang Timur XIII/14, Selasa (29/9/2015).

Upaya jemput paksa dilakukan penyidik pidana khusus Kejari Perak setelah Siswo mangkir dari tiga kali panggilan pemeriksaan. Penjemputan dipimpin langsung oleh Kasipidsus Bayu Susatyo. Namun, setelah mendatangi rumahnya, jaksa tidak menemukan keberadaan tersangka yang saat pelatihan otomotif dilaksanakan menjabat PPK kegiatan. “Iya, kami datangi rumah tersangka,” kata Bayu.

Kepala Kejari Perak Bambang Permadi membenarkan upaya jemput paksa Siswo kemarin. Ia mengaku pihaknya telah mengirimkan surat panggilan ke rumah Siswo sebanyak empat kali. Namun, tersangka tidak pernah datang ke kejaksaan. Ia hanya mengirimkan kabar dalam kondisi sakit dan dirawat di rumah sakit. Tapi tidak disebutkan dirawat di rumah sakit mana.

“Kami masih berkoordinasi dengan Kasipidsus dan Kejati untuk mengambil langkah selanjutnya,” kata Bambang.
Ditanya kenapa Siswo tidak ditahan sejak awal ditetapkan tersangka, Bambang menolak untuk menjawab. “Saya masih nyetir mobil, tidak konsentrasi karena masih di jalan,” kata dia beralasan lalu memutus sambungan telpon genggamnya.

Bersama Gatot Sunyoto, Siswo turut ditetapkan tersangka kasus korupsi pelatihan otomotif di Disnaker Surabaya yang dilaksanakan tahun 2013 lalu. Kasus ini sudah menyeret lima orang lain sebagai pesakitan dan sudah diadili di Pengadilan Tipikor Surabaya. Pelatihan dinilai melanggar karena, di antaranya pesertanya fiktif. Kerugian negara akibat kasus ini sebesar ratusan juta rupiah.

(Dedy Kurniawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here