Staf Disdik Bekasi Tipu Puluhan Calon Siswa Baru

0
240

BEKASI,Zonadinamika.com. Seorang staf di Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Jawa Barat, AM, dilaporkan telah melakukan penipuan hingga mencapai ratusan juta. Modusnya, pelaku mengiming-imingi orangtua siswa bisa memasukkan anaknya ke sekolah negeri.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Rudi Sabarudin, mengatakan pihaknya mendapatkan laporan langsung dari para korbannya yang anaknya tak bisa masuk sekolah negeri. Total kerugiannya mencapai Rp 300 juta lebih, dari puluhan korban.

“Kasusnya sudah dilimpahkan ke inspektorat untuk diselidiki,” kata Rudi di Bekasi, Senin (14/9).

Ia juga menyarankan kepada para orangtua siswa yang menjadi korban, agar melapor ke kepolisian. Sehingga, kasus pidananya bisa diproses, soalnya di pemerintah hanya sebatas pemberian sanksi kepegawaian. Menurut dia, modus pelaku ialah menjanjikan kepada calon siswa bisa memasukkan ke sekolah negeri.

Pelaku memanfaatkan sistem zonasi sebesar 10 persen dari kuota sekolah, lantaran nilai NEM-nya rendah. Padahal, kata dia, calon siswa harus berkompetisi nilai meskipun masuk melalui zonasi. “Nama saya juga dibawa-bawa, bahkan saya disebut menerima uang. Padahal tidak,” kata Rudi.

Menurut dia, AM adalah stafnya yang berstatus PNS di bidang Bina Program. AM bertugas di dinasnya sejak dua tahun lalu. “Tahun lalu informasinya juga melakukan hal yang sama, tapi baru ketahuan sekarang,” katanya.

sumber:merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here