Kadisnaker Batam Tidak Punya Nyali Tindak PT Cladtek Atas Pelanggaran Terhadap Hak TKA

0
926

BATAM-Zonadinamika.com. PT Cladtek yang beralamat di Batu Ampar telah terang-terangan mengkangkangi Peraturan Menteri (PP) nomor PER.02/MEN/III/2008,serta tata cara penggunaan tenaga kerja asing,undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan dan undang-undang nomor 3 tahun 1992 serta peraturan pemerintah nomor 14 tahun 1993 perusahaan di wajibkan memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan ,jaminan kecelakaan,jaminan hari tua serta jaminan kematian.

Dari hasil penelusuran media ini di kantor Jamsostek kota Batam di peroleh informasi bahwa pekerja asing (TKA) yang bekerja di PT Cladtek tidak terdaftar dalam kepesertaan jamsostek.

Hal yang menguatkan lagi salah satu pekerja TKA ,bekerja selama 10 tahun tanpa adanya perjanjian kontrak kerja tiba-tiba sakit ,hingga menjalani perawatan di rumah sakit Elisabeth.

Awalnya dia punya pengharapan segala biaya perobatan akan di tanggung pihak perusahaan maupun pihak ansuransi ,kenyataannya malah berbalik dianya harus menanggung segala biaya okname mencapai puluhan juta ribu rupiah.

Tragisnya lagi malah pihak PT Cladtek melakukan pemutusan hubungan kerja sepihak (PHK) saat pekerja TKA mempertanyakan jamsostek ,kartu ansuransi karyawan serta pembayaran klaim kwitansi perobatan dari pihak rumah sakit Elisabeth,tidak kunjung di bayarkan PT Cladtek.

Jul Firman Kabid kepengawasan dan penindakan Disnaker kota Batam saat di konfirmasi media ini pada hari Senin Tanggal 07 September 2015 menjelaskan “Kami sedang mempersiapkan surat perintah sidak untuk menuju PT Cladtek.Kalau tidak ada kendala nantinya.

Hari ini kami akan mendatangi PT Cladtek dan sudah pasti akan membawa para awak media agar persoalan pelanggaran terhadap undang-undang ,Penerapan peraturan menteri maupun peraturan pemerintah terhadap pekerja TKA di sana transparan.

Ya…tergantung pihak perusahaan nantinya apakah para awak media di perbolehkan masuk atau tidak kita lihat saja sikap dari manejemen PT Cladtek,jelasnya.

Sebelumnya juga sdr Jul Firman Kabid kepengawasan dan penindakan mengatakan pada media ini paling lambat hari senin tanggal 07 September 2015 kami dari Disnaker kota Batam akan tiba di PT Cladtek ,tetapi sampai saat ini Disnaker kota Batam terkesan menunjukkan sikap mengulur-ulur waktu.

Sementara dari pihak pekerja TKA sudah membuat surat pengaduan tertulis secara resmi ,ada apa di balik semua ini ?Sampai berita ini di terbitkan sdr Jul Firman Kabid kepengawasan dan penindakan Disnaker kota Batam belum berhasil di konfirmasi untuk memperoleh perkembangan yang terbaru,benarkah Disnaker kota Batam tidak punya nyali menyidak PT Cladtek ?

Sementara dalam pantauan media ini beberapa hari yang lalu di kantor pelayanan satu pintu di gedung Promosi Sumatera lantai III Batam Centre terlihat beberapa karyawan pekerja asing (TKA) PT Cladtek lalu lalang memadati kantor tersebut.Di duga selama ini PT Cladtek mempekerjakan tenaga asing (TKA)tidak melalui mekanisme dan prosedur yang di berlakukan.

Bahkan informasi yang di himpun media ini di gedung Sumatera lantai III salah satu pekerja TKA sempat menolak untuk di foto guna keperluan pungurusan dokumen izin tinggal sementara .TIM/Amjoi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here