Janji Politik Rumah DP 0 Rupiah,Banting Stir ke Rumah Berlapis Alias SUSUN

0
68
penataan Kampung Akuarium akan menjadi percontohan program rumah berlapis. Rumah berlapis dibangun dengan konsep land consolidation alias konsolidasi lahan.

Jakarta-Zonadinamika.com. Sepertinya janji politik pasangan Gubernur DKI ANIS-SANDI dalam menwujutkan janji politiknya untuk membangun rumah untuk orang miskin dengan DP 0 Rupiah mengalami kesulitan yang tidak bisa di elakkan.

Untuk upaya menepati janji tersebut, Anis putar otak,dengan membuat program baru dengan program gubernur terdahulu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  membahas program rumah berlapis saat memberikan pengarahan kepada pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Lalu, apa yang dimaksud Anies dengan rumah berlapis?

Anies menyebut terminologi “lapis” memiliki arti yang sama dengan “susun”. Dalam konsep rumah berlapis, rumah-rumah bisa disusun satu tingkat, dua tingkat, dan seterusnya.

“Sebenarnya kalau Anda lihat izin, tulisannya apa? Lapis. Satu lapis, dua lapis, tiga lapis. Boleh Anda sebut susun, boleh sebut lapis, sama saja,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Sabtu (4/11/2017).

Pada Jumat (3/11/2017) malam, Anies mengumpulkan para pejabat DKI untuk mematangkan anggaran sejumlah program.

Salah satunya mengenai program penataan kampung. Anies mengatakan, dirinya ingin ada pembaruan kota atau urban renewal.

“Contohnya banyak di negara, kemudian rumah-rumah dilakukan konsolidasi tanahnya. Dibangunkan rumah yang berlapis lalu wilayah yang ada di situ bisa dimanfaatkan sebagai area bersama,” kata Anies.

Anies menyebut rumah berlapis kemungkinan seperti kampung deret. Namun, dia ingin warga mendapat slot di rumah berlapis dengan ukuran yang sama seperti rumah mereka sebelumnya.

Selain itu, rumah berlapis juga tidak boleh terlalu jauh dari tempat tinggal warga sebelumnya.

Sebagaimana di katakana oleh wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, penataan Kampung Akuarium akan menjadi percontohan program rumah berlapis. Rumah berlapis dibangun dengan konsep land consolidation alias konsolidasi lahan.

“Contohnya nanti di Akuarium. Coba lihat nanti begitu sudah di-launching, itu bagian dari land consolidation,” ujar pria yang akrab disapa Sandi itu di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (6/11/2017).

Sandi menjelaskan, rumah berlapis akan dibangun secara vertikal, tetapi tak terlalu tinggi. Konsepnya adalah menata perkampungan sesuai keinginan warga. Lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal mereka semula.

“Kebijakan menata mereka dengan bangunan yang tidak terlalu tinggi intensitasnya dan jaraknya menempel dengan jarak tempat mereka selama ini memiliki penghidupan,” katanya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, meski Kampung Akuarium menjadi contoh program rumah berlapis, konsep penataan di setiap wilayah belum tentu sama.

Penataan di setiap lokasi, kata Anies, disesuaikan dengan kriteria warga dan aktivitas sehari-harinya, salah satunya mata pencarian.

“Kalau kita mendengar (proyek) percontohan itu, jangan kemudian dibuat satu solusi untuk semua tempat. Kami malah percaya, setiap tempat solusinya beda-beda,” ujar Anies saat ditemui terpisah di Balai Kota.

“Jadi, jangan sampai memberikan kesan, solusi yang kami kerjakan di (Kampung) Akuarium akan dikerjakan sama di semua tempat, tidak,” kata Anies. (AN)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here