Sambut Kemerdekaan RI Ke-72, Petugas Samsat kenakan Baju Samin

0
25
BLORA -Zonadinamika.com. Ada yang tak biasa di tempat pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Blora dan kantor Samsat Blora. Anggota Polantas Polres Blora hari ini tidak mengenakan pakaian dinas harian (PDH). Saat bertugas pelayanan pembuatan SIM dan pelayanan pajak kendaraan mengenakan kostum baju adat khas Blora yakni Baju Samin. Rabu (16/08/17).
Demikian pula di kantor pelayanan tilang dan BPKB, petugas juga mengenakan pakaian jaman dulu maupun pakaian adat Samin. Baik yang bertugas di jalan raya mengatur lalu-lintas maupun di kantor pelayanan, di lengan dan kepala terlilit pita merah putih.
Warga masyarakat yang melihat saat berada di kantor Sat lantas maupun Samsat sampai terheran-heran. Biasanya anggota Sat Lantas Polres Blora mengenakan seragam dinas saat bertugas dan hari ini terlihat tampil beda dari biasanya.
Kasatlantas Polres Blora, AKP Febriyani Aer, S.I.K, M.H, mengatakan anggotanya sengaja mengenakan pakaian adat Samin khas Blora dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72 yang sebentar lagi berlangsung.
“Kami ingin mengenang jasa para pahlawan yang telah berhasil merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah serta melestarikan kebudayaan lokal,” kata AKP Febby sapaan akrabnya.
Moment menarik ini banyak dimanfaatkan warga untuk mengambil foto bersama petugas. Namun ada pula yang hanya mengabadikan saat mereka bertugas.
Kasat Lantas sengaja menginstruksikan jajarannya untuk menggunakan pakaian adat Samin, dengan tujuan para personel dapat semakin memahami nilai-nilai perjuangan para pahlawan dan kebudayaan lokal. Harapannya, dengan nilai-nilai kebudayaan dan perjuangan itu, pihaknya semakin baik melayani masyarakat.
Penggunaan pakaian adat Samin itupun mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Salah satunya dari Rina (26), warga Jalan Cendrawasih Prumnas Blora yang tengah melakukan pembayaran pajak kendaraan di kantor Samsat.
“Hari ini saya lihat beda. Awalnya mengira hanya perwakilan petugas saja yang berada di pintu masuk, tapi ternyata mereka memakai memakai baju adat Samin semuanya, sampai saya pangkling,” kata Rina sambil tersenyum.
Kostum tema baju adat itu akan dikenakan selama dua hari, mulai hari ini hingga hari Jumat besok. Mereka mengenakan pakaian adat dan perjuangan itu agar masyarakat terus meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air dan kebudayaan melalui bentuk tertib berlalu lintas dan tertib pajak.(Agung)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY