Kapolda Sumut Pimpin Rapat Koordinasi Terkait Penanganan Relokasi Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung

0
7

MEDAN-Zonadinamika.com.Bertempat di ruang kerja Bupati Tanah Karo, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Karo melaksanakan pertemuan untuk membahas penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung, 8/8.

Kapolda Sumut didampingi beberapa Pejabat Utama Polda Sumut antara lain Dir Binmas Polda Sumut, Dir Pamobvit Polda Sumut, Dir Intelkam Polda Sumut, Dir Reskrimum Polda Sumut, Dir Reskrimsus Polda Sumut, Dansat Brimob Polda Sumut serta Kabid Humas Polda Sumut.

Selain itu turut hadir unsur FKPD Tanah Karo, Ka BPBD Sumut, serta Kepala Bidang Kehutanan Prov. Sumut.

Adapun rangkaian dari pertemuan antara lain:
1. Sambutan dari Bupati Tanah Karo Terkelin Brahmana, SH yang mengucapkan terimakasih atas perhatian Kapolda Sumut terhadap masyarakat Tanah Karo terutama perhatian kepada pengungsi erupsi Gunung Sinabung.

  1. Paparan dari Ibu Yuliani Siregar Kepala Bidang Perlindungan Hutan yang menyampaikan pemulihan kawasan hutan di Kuta Rakyat mulai dilaksanakan tanggal 07 Agustus 2017 ditunda pelaksanaannya sampai dengan relokasi lahan pengungsi tersedia sesuai permintaan dari Bupati Tanah Karo
  2. Kapolres Tanah Karo yang telah menyiapkan personil Polres Tanah Karo apabila dibutuhkan
  3. Ka BPBD yang menyampaikan rencana dilaksanakannya relokasi tahap ke 3 dan telah memfasilitasi pendanaan untuk relokasi tersebut.

Adapun arahan dari Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw menyampaikan bahwa beliau sudah satu bulan pas menjabat sebagai Kapolda Sumut. Terkait erupsi gunung Sinabung, Kapolda Sumut ketika melakukan kunjungan ke lokasi pengungsian sudah memerintahkan kepada Kapolres Tanah Karo agar membantu pihak Pemkab dan Pengungsi agar melakukan pembersihan disekitar lokasi pengungsian agar tercipta suasana yang bersih dan tidak menjadi sumber penyakit bagi sumber air yang kurang bersih disekitar pengungsianbersama masyarakat melakukan kurve guna menciptakan suasana yang bersih dan tidak timbul penyakit. “Saya selaku Kapolda Sumut berperan sebagai salah satu penggerak dalam pemecahan solusi”, ujar Kapolda Sumut.

Kapolda Sumut setuju dengan pengadaan relokasi tahap ke 3 terhadap pengungsi Gunung Sinabung dan memberikan saran agar dilakukan transmigrasi atau relokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung ke daerah yang lebih aman.

Kapolda Sumut beserta Pemerintah Kab. Tanah Karo dan seluruh stake holder akan melaksanakan pertemuan selanjutnya dalam waktu dekat untuk menindaklanjuti kembali upaya penyelesaian relokasi pengungsi erupsi gunung sinabung tersebut.
Pertemuan diakhiri dengan doa dan foto bersama.(Abah Rahman)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY